Tiket Masuk Goa Pindul 2019

Goa Pindul Jogja 2019
Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja 2019
Tiket masuk goa pindul Jogja berapa sih sebenarnya? ini dia rincian harga tiket nya, dicatat ya: tiket masuk retribusi ke Pemda Gunungkidul Rp.10.000/org,  lalu untuk tiket cave tubing alias susur goa pindul jogja memakai ban+pelampung+guide itu tiket nya Rp.40.000/org.

jika ditotal biaya tiket masuk dan susur goa pindul jogja itu Rp.50.000/org.

Harga diatas adalah harga resmi yang disepakati Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Jogja, harga tiket masuk TETAP sama baik hari biasa, hari minggu maupun hari libur.

Mau ke goa pindul jogja liburan tahun ini? silahkan kontak kami untuk booking ya. Tinggal datang dan disiapkan peralatan nya untuk susur goa pindul jogja, asik kan tanpa repot antri lagi.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja 2019
Tentang Goa Pindul Jogja
Goa pindul adalah objek wisata berupa goa yang terletak di kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Mungkin anda bertanya, kenapa banyak sekali wisatawan tertarik kesini padahal itu cuma goa?

Goa pindul Jogja bukan cuma goa biasa. Goa pindul dialiri sungai bawah tanah loh. Jadi untuk menelusuri goa sepanjang 350 meter kita harus memakai ban pelampung, karena goa pindul dialiri aliran sungai bawah tanah dari mulut goa sampai akhir.

Tahukah kamu jarak permukaan air dengan atap goa di jogja ini sekitar 4 meter. Untuk menjelajah goa pindul dengan tubing (istilah duduk di ban pelampung) membutuhkan waktu sekitar 60 menit.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja 2019


Wisata goa pindul jogja sudah terkenal sampai mancanegara, bukan hanya itu, kamu tanyakan saja teman atau saudara kamu yang pernah kesini, dijamin jawabannya luar biasa.

Jadi tidak ada alasan untuk menunda, untuk segera merencanakan liburan kamu ke Jogja dan mampir ke wisata susur goa yang mengasyikan bersama kami.

Tenang ketika kamu melakukan penjelajahan di goa pindul jogja akan ditemani oleh guide profesional dan peralatan keamanan standar yang selalu rutin di cek. Yuk segera beli tiket nya dan nikmati adventure nya.


Legenda penamaan Goa Pindul Jogja yang dipercayai dan dikisahkan turun temurun oleh masyarakat sekitar berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari ayahnya. Saat sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu sesar yang ada di dalam gua. Goa tempat Joko terbentur tersebut dinamai Goa Pindul yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa pipi gebendul yang berarti pipi yang terbentur sumber wikipedia goa pindul

Harga Tiket Goa Pindul Jogja
Tiket Masuk Goa Pindul Jogja cuma Rp.40.000/pax (all in one) berlaku untuk personal dan rombongan. Segera call untuk booking tiket nya : WA 24 jam 0813 2726 9718

Daya Tarik Cave Tubing Goa Pindul Jogja

Cave Tubing Goa Pindul Jogja sudah ada sejak zaman dahulu , menjadi salah satu goa yang ada di Gunungkidul yang dikenal sebagai goa alami yang diperkirakan terbentuk dari berjuta-juta tahun yang lalu. Dan yang paling menariknya lagi, stalaktit yang ada di wisata ini menjadi stalaktit yang terbesar ke 4 di dunia. Ini pastinya sangat mengesankan, sebab negeri ini memiliki bentang alam yang memikat dan bahkan bisa menembus dunia.

Perlu diketahui, jika dulu tempat ini dijadikan warga untuk berbagai macam aktifitas harian. Diantaranya seperti mandi, cuci, memancing dan masih banyak lagi aktivitas yang lainnya. Sungai di goa – goa  ini digunakan warga sebab memiliki air yang sangat bersih dan tidak tercampur dengan kotoran limbah-limbah yang bisa menjadikan keadaan air ini menjadi bau dan kotor. Di aliran air sungai ini juga terdapat banyak ikan, yang mana ikan tersebut juga banyak dimanfaatkan warga untuk dijadikan lauk sehari-harinya.

Tempat wisata alam di Kecamatan Karangmojo menjadi salah satu tempat wisata andalan di Jogja. Bahkan, tenarnya semakin naik dan semakin banyak dikenal oleh masyarakat di berbagai penjuru wilayah. Di sepanjang lorong goa ini juga terdapat aliran air yang sangat jernih dan terasa sangat dingin di kulit. Namun, ini semua menjadi daya tarik tersendiri di Goa pindul yang mengharuskan anda untuk mencoba melakukan aktifitas Cave Tubing. Cave Tubing Goa Pindul Jogja memang memiliki daya tarik tersendiri, berupa keindahan serta keunikan yang mungkin tidak bisa anda jumpai di goa-goa wisata yang lainnya.

Wahana  Yang Bisa Anda Lakukan Di Cave Tubing Goa Pindul Jogja 2019

Perlu anda ketahui, jika Cave Tubing Goa Pindul Jogja menawarkan beberapa wahana yang cukup menarik dan juga unik dengan sensasi yang berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah beberapa wahana yang bisa anda coba di Goa Pindul:

1. Cave Tubing Goa Pindul Jogja

Cara yang bisa anda lakukan untuk menikmati obyek wisata ini yaitu dengan menyusurinya menggunakan peralatan khusus. Diantaranya yaitu dengan memakai ban dalam yang berukuran besar (tube) serta jaket pelampung. Ban besar (tubing) yang digunakan untuk menyusuri goa ini sudah di modifikasi atau diberi pengait yang berupa tali menyilang yang diletakkan di tengah. Fungsinya yaitu untuk dijadikan sebagai tempat duduk di atas air.

Sedangkan  untuk jaket pelampung digunakan seperti halnya rompi, dengan ukuran tertentu dan bisa disesuaikan dengan usia. Pelampung jaket ini mampu untuk menahan berat badan yang lebih dari 100 kg. Dengan begitu tetap bisa mengambang di permukaan air. Nah, anda semuanya dipastikan tidak akan tenggelam apabila menggunakan jaket pelampung yang telah disediakan, sebab jaket pelampung ini telah memenuhi standart team SAR. Maka, anda semuanya tidak perlu khawatir dan takut saat mengapung di atas air yang dalam ini.

Dalam melakukan susur gua untuk menikmati keindahan yang ada di dalamnya ini,  anda semuanya akan didampingi oleh lokal guide atau pemandu khusus goa dari operator. Perlu anda ketahui, pemandu ini sudah berpengalaman dan sudah tersertifikasi jadi sangat mengerti bahkan hafal dengan medan dan apa saja yang terdapat di dalam gua tersebut. Nah, untuk pemandu/guide ini berasal dari penduduk sekitar lokasi Cave Tubing Goa Pindul Jogja. Pemandu yang sudah berpengalaman juga sudah sering memperoleh pelatihan tentang tata cara kepemanduan dan tatacara penyelamatan dari intansi terkait di setiap tahunnya. Berbagai pelatihan yang diberikan akan berpengaruh dengan kualitas layanan yang diberikan kepada pengunjungnya.

Saat berada di dalamnya sebaiknya anda jangan kaget jika terdapat banyak sekali kelelawar yang beterbangan menyambut para wisatawan semuanya. Kelelawar ini juga menambah daya tarik tersendiri akan suasana yang ada di dalam Goa Pindul. Ketika anda semuanya sedang melakukan aktivitasa susur goa, maka anda semuanya bisa menyaksikan beberapa ornamen dan jenis batu stalagtit aktif atau yang sudah tidak aktif yang menghiasi dinding Cave Tubing Goa Pindul Jogja ini.

Selain itu juga terdapat batu yang disebut batu stalagmit kokoh serta ada batu stalagtityang indah di area ke dua yaitu area remang - remang. Batu-batu tersebut ternyata juga disertai dengan mitos-mitos unik yang berkembang di masyrakat. Biasanya pemandu wisata akan menjelaskan secara detail tentang mitos yang ada dalam setiap batu tersebut. Perlu anda ketahui jika anda akan menjumpai beberapa area tempat wisata dari  Cave Tubing Goa Pindul Jogja yang dapat anda coba.


Baca Juga : Sewa Mobil di Jogja Murah

Area Terang

Pada saat pertama kali masuk ke Cave Tubing Goa Pindul Jogja, para pengunjung akan disambut dengan sebuah pemandangan alam yang ada di area terang. Untuk lebar antar dinding diantaranya sekitar empat meter. Selanjutnya, untuk ketinggian dari permukaan air sampai dengan dinding atasnya yakni sekitar lima meter. Dan untuk kedalaman air sungainya yaitu mencapai 1 sampai dengan 12 meter. Keindahan alam yang ada di dalam goa pindul ini begitu indah dan  mempesona. Hal ini tak lain dikarena adanya hiasan berupa batu stalagtit serta batu stalagmit aktif dan juga yang keadaan tidak aktif.

Usia batuan yang tampak berkilau di dalam goa ini sendiri beragam, bahkan ada yang usianya sudah sampai pu;uhan bahkan ribuan tahun. Bebatuan yang indah dan berkilau ini terhampar di sepanjang area pertama dari Cave Tubing Goa Pindul Jogja seakan akan menyambut para wisatawan yang datang. Banyak para wisatawan yang merasa kagum dengan keindahan bebatuan yang ada di dalam goa ini.

Batu stalagtit merupakan jenis batuan alami yang muncul dan tumbuh. Sehingga, lama kelamaan akan membesar dari atas menuju kebawah yang asal mulanya sari air yang menetes dari atas dinding goa tersebur. Kemudian, untuk batu stalagmit batu alam yang terlihat tumbuh dari bawah ke atas juga terbentuk dari tetesan air yang asalnya dari atas goa. Tak hanya bebatuan alam yang bisa dinikmati di area ini. Sebab, masih banyak spot menarik yang bisa kita lihat. Diantaranya seperti sumur terbalik, sarang burung walet dan lain sebagainya.

Area Remang Remang

Setelah anda semuanya melintasi area pertama, hamparan batu stalagmit juga bisa anda lihat di area ke dua Cave Tubing Goa Pindul Jogja, yakni area remang remang. Ternyata ini semuanya juga tak terlepas dari mitosyang berkembang di masyrakat. Konon katanya batu stalagmite perkasa di sini dapat menjadikan pria dewasa bisa menjadi semakin perkasa dengan cara melewati dan memegang batu tersebut terlebih dahulu. Semua ini disebabkan terdapatnya sebuat tempat pertapaan yang ada di belakang batu stalagmite ini.

Kemudian, untuk jenis batu stalagmit mutiara yang kondisinya masih aktif di sini kabarnya dapat menjadikan wanita dewasa menjadi semakin awet muda serta bisa bertambah cantik apabila mereka beruntung bisa terkena tetesan air yang terjatuh dari batu ini. Namun, selain ada mitos-mitosnya, area remang ini juga merupakan area yang paling disukai para wisatawan. Sebab disini memiliki pemandangan bebatuan stalagtit yang cantik dan indah sekali. Maka dari itulah sangat pas sekali jika digunakan sebagai lokasi untuk berfoto.

Area Gelap

Sesudah melintasi area kedua, selanjutnya anda akan melewati area ketiga yaitu area yang gelap abadi. Perlu anda ketahui, jika keadaan area ini sangat gelap gulita, bahkan juga tidak pernah sama sekali terkena paparan sinar matahari, entah itu secara langsung maupun yang asalnya dari pantulan cahaya dari dinding-dinding yang ada di sekitarnya. Agar tampak terang, disini para pemandu juga akan menyalakan senternya.
Namun, ketika memasuki area ini pada umumnya pemandu akan mematikan senter dan mengajak para pengunjung untuk sejenak  berdiam diri dan berdoa di area ini yang akan di pimpin oleh pemandu goa. Ini masih sering dilakukan oleh para pengunjung, sebab untuk area ini masih dinilai sakral serta dipercaya jika Tuhan akan mengabulkan doa yang bersifat baik di tempat ini.  Apabila anda merasa takut, anda bisa meminta pemandu untuk menyalakan senternya. Area yang lokasinya ada di tengah-tengah perjalanan susur goa ini hanya dapat dilintasi oleh satu ban/tube saja.

Di sepanjang dinding yang terdapat di area sempit ini banyak terdapat batu stalagtit besar yang lebarnya kira-kira lima rentangan tangan orang dewasa dengan panjang kurang lebih tujuh meter. Dan untuk batu ini dinamakan dengan “Soko Guru” . Jadi stalagtit ini merupakan tiang penyangga dari kedua bukit yang terdapat di atas Cave Tubing Goa Pindul Jogja, meskipun saat diteliti ternyata batu ini tidak sampai mencapai dasar sungai.

Perlu anda ketahui, jika stalagtit Soko Guru ini merupakan stalagtit yang terbesar di Cave Tubing Goa Pindul Jogja. Bahkan dikatakan telah menduduki peringkat ke empat terbesar di tingkat dunia. Tak hanya stalagtit soko guru saja, di dalam Cave Tubing Goa Pindul Jogja ini anda juga bisa menjumpai stalagtit batu gong. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, stalagtit ini bisa menghasilkan suara seperti bunyi gong apabila dipukul dengan menggunakan tangan. Namun, sebaiknya tidak memukul stalagtit ini dengan keras, dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan.

Area Kelelawar

Setelah anda semuanya melewati ketiga area tersebut, selanjutnya anda akan memasuki sebuah area yang dinamakan dengan area kelelawar. Perlu anda ketahui, jika Area ini merupakan Area terpanjang yang ada di Cave Tubing Goa Pindul Jogja. Sesuai dengan namanya, sepanjang area ini banyak dihuni oleh ribuan kelelawar yang kerdil. Kelelawar disini jinak dan tidak akan menyerang manusia yang ada di dalamnya. Jenis kelelawar ini pada umumnya memakan serangga atau nyamuk untuk dijadikan sebagai makanan pokoknya. Bahkan hewan ini akan merasa takut saat pemandu mengarahkan lampu pada arah mereka.

Meskipun begitu, para pengunjung sebaiknya tetap berhati-hati agar tidak menggangunya ketika sedang melewati area ini. Yang harus diperhatikan yaitu para pengunjung tidak diizinkan untuk membunuh atau menyakiti kelelawar yang hidup di dalam goa ini. Perlu diketahui, jika langit-langit dinding goa yang dihuni oleh kelelawar ini membentuk sebuah lukisan abstrak. Lukisan ini terbentuk dari bekas air seni yang biasanya digunakan sebagai penanda daerah kekuasaannya dari tiap hewan kelelawar ini.

Setelah itu, tidak jauh dari area kelelawar anda akan menjumpai sebuah batu yang unik dan indah yang dinamakan dengan Batu tirai. Batu ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Sebab bentuknya melebar seperti halnya pada lapisan kain gorden. Lain halnya dengan stalagtit lain yang pada umumnya berbentuk mengerucut.  Tak hanya memiliki bentuk yang unik saja, batu tirai ini juga bisa menampakkan kerlipan cahaya dari balik batu tersebut.  Biasanya akan tampak apabila disorot menggunakan lampu atau senter.

Nah, saat anda semuanya telah dekat dengan titik finish Cave Tubing Goa Pindul Jogja ini pengunjung bisa melihat keindahan cahaya yang berasal dari sebuah lubang yang terbentuk dari atas langit-langit goa pindul. Cahaya yang masuk dalam goa ini sangat mempesona. Bahkan keidahannya dapat membuat decak kagum siapa saja yang melihatnya. Dan pemandangan inilah yang dinamakan cahaya dari The Hidden Paradise Of Jogjaatau surga yang tersembunyi di Jogja. Untuk anda yang ingin menikmati keindahan cahaya ini anda harus datang di waktu yang tepat. Yaitu saat pagi menjelang siang hari, di atas jam 10 pagi hingga jam 12 siang saat cuaca sedang cerah.

Nah, apabila anda semuanya sudah sampai di Goa Vertikal, pada umumnya para pemandu akan memberikan saran pada anda untuk turun dari ban. Dan anda diperbolehkan untuk berenang atau melompat serta berfoto-foto ria di tempat ini.  Namun, anda semuanya juga boleh tetap duduk diatas ban sambil menikmati alam sekitar. Disini,  pemandu akan tetap mengawasi atau memantau anda. Jadi, anda semuanya tidak perlu lagi khawatir walaupun anda tidak dapat berenang. Karena anda akan tetap aman dan mengapung di atas permukaan air yang jernih dan dingin ini.

Sesudah anda semuanya merasa puas dengan berbagai macam aktivitas di dalam Goa,  anda akan sampai finish. Finish Cave Tubing Goa Pindul Jogja ini diberi nama oleh warga sekitar dengan sebutan Banyu Moto (Mata Air). Setelah anda semuanya berjalan keluar, para wisatawan akan di jemput dengan menggunakan alat transportasi unik yang dinamakan dengan Pajero Pindul. Anda semuanya akan diantarkan kembali ke basecamp semula.

2. Fun Rafting Sungai Oyo

Wahana yang kedua yang bisa anda nikmati dari wisata Cave Tubing Goa Pindul Jogja 2019 yaitu wahana fun rafting di Sungai Oyo. Sama pada saat anda semua melakukan wahana yang pertama, disini anda semuanya akan menyusuri sungai Oyo yang mengalir dari arah timur ke barat wilayah Desa Bejiharjo. Penelusuran Sungai Oyo ini akan dilakukan dengan jauh 4 kilo meter. Yang mana, kedalaman sungai tersebut bisa mencapai 7 sampai dengan 10 meter.

Anda semuanya tidak perlu merasa khawatir dengan kedalamannya, sebab disini para wisatawan akan dipandu untuk menikmati pemandangan dan wahana obyek wisata alam oleh tenaga yang sudah berpengalaman dan juga profesional. Perjalanan ini juga bisa terasa semakin sempurna, karena disini, anda semuanya bisa menikmati pemandangan yang indah yang berasal dari batuan karst yang ada di sekeliling Sungai oyo Gunungkidul.


Untuk anda yang penat dan sibuk dengan aktivitas harian, wahana ini bisa anda coba untuk menghilangkan rasa penat anda semuanya. Saat Rafting Tubing Oyo ini anda semuanya akan diberikan beberapa peralatan sesudah membayar tiket Cave Tubing Goa Pindul Jogja. Peralatan yang diberikan diantaranya seperti rompi pelampung, transportasi mobil untuk sungai Oyo, ban pelampung, sepatu karet, dan juga dikawal oleh pemandu yang telah profesional.

Sampai ketemu di goa pindul ya :)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner