Informasi Lengkap tentang Paket Wisata Goa Pindul Jogja 2019


Wisata Goa Pindul Jogja 2019
Goa Pindul Jogja 2019

Jogja adalah salah satu kota yang terkenal dengan beraneka budaya dan juga merupakan kota pendidikan. Selain itu, Jogja juga mempunyai banyak sekali tempat wisata keren yang populer di berbagai kalangan masyarakat salah satunya Goa Pindul Jogja . Baik itu dari dalam negeri maupun masyarakat dari luar negeri. Keindahan panorama dan sejarah yang dimiliki oleh tempat wisata di Jogja ini menjadi daya tarik tersendiri. Maka dari itu, tidaklah heran jika Jogja seringkali dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan utama untuk menghabiskan masa liburan. Sebab di kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata terbaik yang menawarkan berbagai macam keindahan.

Berbicara mengenai kota Jogja memang tidak akan ada bosannya. Terlebih lagi pada waktu membicarakan tentang tempat wisata di Jogja yang  sangat direkomendasikan untuk anda semuanya pecinta wisata. Bahkan sudah banyak kreasi yang diberikan di dalam memanjakan para wisatawan supaya bisa merasa nyaman dan juga ingin kembali ke Jgoja lagi. Nah, salah satu wisata Jogja yang harus anda coba kunjungi yaitu wisata Goa Pindul. Goa Pindul Jogja merupakan tempat wisata kekinian yang sudah diketahui dan dikunjungi oleh banyak orang. Pesona wisata disini memang berbeda dari yang lain.  Sehingga, tempat wisata ini sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Lokasi dan Rute Wisata Goa Pindul Jogja

Untuk lokasi wisata Goa Pindul ini tepatnya terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke tempat ini sebenarnya cukup mudah. Banyak sekali rute yang bisa anda ambil. Slah satunya yaitu anda bisa mengarahkan kendaraan anda menuju jalan Wonosari. Setelah itu, berjalan lurus kearah Pathuk serta Wonosari.

Sesudah anda sampai di bundaran simpang empat yaitu Bundaran Siyono yang terdapat bangunan air mancur di tengah-tengahnya. Sebaiknya anda lurus terus sampai bertemu dengan perempatan besar. Dari perempatan ini anda belok ke kiri untuk menuju ke Desa Bejiharjo. Nah, jika anda sudah sampai disini maka anda akan disambut oleh beberapa pemuda yang merupakan pemandu. Anda akan diantar hingga tempat tujuan.
Sejarah Goa Pindul Jogja

Wisata Goa Pindul Jogja ini adalah tempat wisata alam yang sudah banyak dikunjungi di Jogja. Goa Pindul ini merupakan lubang yang ada di dalam tanah atau Goa. Yang mana, di sepanjang lorongnya ada aliran air sungainya. Nama Goa Pindul ini asal mulanya dari kisah sejarah yang dinilai cukup menarik dan juga cukup mengharukan. Goa ini diberi nama dengan “ Goa Pindul” . Kata Pindul ini kata “pipi” dan kata “kebendul” yang disingkat menjadi kata “Pindul”.

Tak hanya itu saja, goa ini pun juga memiliki sebuah legenda yang sudah meluas di masyarakat. Legenda tersebut bercerita mengenai kisah dari dua orang utusan Panembahan Senopati. Diantaranya yaitu Ki Juru Mertani serta Ki Ageng Panembahan. Mereka diutus untuk membunuh bayi yang saat itu sedang dibawanya. Namun karena bayi tersebut sangat lucu, maka hati keduanya pun akhirnya luluh. Sehingga, mereka berdua tidak melaksanakan perintah untuk membunuh bayi mungil dan lucu tersebut.

Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan yang saat itu ada di puncak ketinggian memiliki niat untuk mencoba memandikan bayi tersebut. Saat itu, Ki Juru Mertani menginjakkan kakinya pada tanah sampai membentuk sebuah lubang. Dibawah lubang yang terbentuk tersebut terdapat aliran arus air yang airnya sangat jernih. Dan keduanya pun akhirnya memandikan bayi itu.

Dan ketika memandikan, pipi bayi lucu tersebut terbentur atau kebendul salah satu dinding gua. Maka dari itulah, goa ini dinamakan dengan Goa Pindul. Nama tersebut tidak pernah berubah dan masih digunakan hingga pada turunan-turunan berikutnya, bahkan sampai saat ini. Sejarah dari Goa Pindul ini masih terus terdengar dan selalu diceritakan oleh para pemandu untuk para wisatawan yang berkunjung di wisata Goa Pindul Jogja ini.

Daya Tarik Goa Pindul Jogja
Goa Pindul Jogja 2019

Goa Pindul Jogja yang sudah ada sejak zaman dahulu ini menjadi salah satu goa yang ada di Gunungkidul yang dikenal sebagai goa alami yang diperkirakan terbentuk dari berjuta-juta tahun yang lalu. Dan yang paling menariknya lagi, stalaktit yang ada di wisata ini menjadi stalaktit yang terbesar ke 4 di dunia. Ini pastinya sangat mengesankan, sebab negeri ini memiliki bentang alam yang memikat dan bahkan bisa menembus dunia.

Perlu anda ketahui, jika dulu tempat ini dijadikan warga untuk berbagai macam aktifitas harian. Diantaranya seperti mandi, cuci, memancing dan masih banyak lagi yang lainnya. Sungai di goa ini digunakan warga sebab memiliki air yang sangat bersih dan tidak tercampur dengan kotoran limbah-limbah yang bisa menjadikan keadaan air ini menjadi bau dan kotor. Di aliran air ini juga terdapat banyak ikan, yang mana ikan tersebut juga banyak dimanfaatkan warga untuk dijadikan lauk sehari-harinya.

Nah, tempat wisata alam di Kecamatan Karangmojo ini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Jogja. Bahkan, pamornya semakin naik dan semakin banyak dikenal oleh masyarakat di berbagai wilayah. Di sepanjang goa ini juga terdapat aliran air yang sangat jernih dan terasa dingin di kulit. Namun, ini semua menjadi daya tarik tersendiri di Goa pindul yang mengharuskan anda untuk mencoba melakukan aktifitas Cave Tubing. Goa Pindul Jogja memang memiliki daya tarik tersendiri, berupa keindahan serta keunikan yang mungkin tidak bisa anda jumpai di goa-goa wisata yang lainnya.

Baca Juga : Sewa Mobil di Jogja

Wahana  Yang Bisa Anda Lakukan Di Goa Pindul Jogja

Perlu anda ketahui, jika Goa Pindul Jogja menawarkan beberapa wahana yang cukup menarik dan juga unik dengan sensasi yang berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah beberapa wahana yang bisa anda coba di Goa Pindul:

1. Cave Tubing Goa Pindul
Goa Pindul Jogja 2019

Cara yang bisa anda lakukan untuk menikmati obyek wisata ini yaitu dengan menyusurinya menggunakan peralatan khusus. Diantaranya yaitu dengan memakai ban dalam yang berukuran besar (tube) serta jaket pelampung. Ban besar (tubing) yang digunakan untuk menyusuri goa ini sudah di modifikasi atau diberi pengait yang berupa tali menyilang yang diletakkan di tengah. Fungsinya yaitu untuk dijadikan sebagai tempat duduk di atas air.

Sedangkan  untuk jaket pelampung digunakan seperti halnya rompi, dengan ukuran tertentu dan bisa disesuaikan dengan usia. Pelampung jaket ini mampu untuk menahan berat badan yang lebih dari 100 kg. Dengan begitu tetap bisa mengambang di permukaan air. Jadi, anda semuanya dipastikan tidak akan tenggelam apabila menggunakan jaket pelampung yang telah disediakan, sebab jaket pelampung ini telah memenuhi standart team SAR. Maka dari itu, anda semuanya tidak perlu khawatir saat mengapung di atas air yang dalam ini.

Dalam melakukan susur gua untuk menikmati keindahan yang ada di dalamnya ini,  anda semuanya akan didampingi oleh beberapa guide atau pemandu khusus dari operator. Perlu anda ketahui, pemandu ini sudah berpengalaman dan sudah sangat mengerti bahkan hafal dengan medan dan apa saja yang terdapat di dalam gua tersebut. Nah, untuk pemandu/guide ini berasal dari penduduk sekitar lokasi Goa Pindul Jogja. Pemandu yang sudah berpengalaman juga sudah sering memperoleh pelatihan di setiap tahunnya. Berbagai pelatihan yang diberikan akan berpengaruh dengan layanan yang diberikan kepada pengunjungnya.

Saat berada di dalamnya sebaiknya anda jangan kaget jika terdapat banyak sekali kelelawar yang  beterbangan menyambut para wisatawan semuanya. Kelelawar ini juga menambah daya tarik dan suasana yang ada di Goa Pindul ini. Ketika anda semuanya sedang melakukan susur goa, maka anda semuanya bisa menyaksikan beberapa ornamen batu stalagtit masih aktif atau yang sudah tidak aktif yang menghiasi dinding Goa Pindul Jogja ini.

Selain itu juga terdapat batu yang disebut batu stalagmit kokoh serta ada batu stalagtityang inda di zona ke dua yaitu zona remang. Batu-batu tersebut ternyata juga disertai dengan mitos-mitos unik. Biasanya pemandu wisata akan menjelaskan tentang mitos yang ada dalam setiap batu tersebut. Perlu anda ketahui jika anda akan menjumpai beberapa zona tempat wisata dari Goa Pindul Jogja yang dapat anda coba.

Zona Terang

Pada saat pertama kali masuk ke Goa Pindul Jogja, para pengunjung akan disambut dengan sebuah pemandangan alam yang ada di zona terang. Untuk lebar rata-rata  antar dinding diantaranya sekitar empat meter. Selanjutnya, untuk ketinggian dari permukaan air sampai dengan dinding atasnya yakni sekitar lima meter. Dan untuk kedalaman air sungainya yaitu mencapai 1 sampai dengan 12 meter. Keindahan alam yang ada di dalam goa ini begitu mempesona. Hal ini tak lain disebabkan karena adanya hiasan berupa batu stalagtit serta batu stalagmit aktif dan juga yang keadaan tidak aktif.

Usia batuan yang tampak berkilau di dalam goa ini sendiri beragam, bahkan ada yang usianya sudah sampai ribuan tahun. Bebatuan yang indah dan berkilau ini terhampar di sepanjang zona pertama dari Goa Pindul Jogja seperti menyambut para wisatawan. Banyak para wisatawan yang merasa kagum dengan keindahan bebatuan yang ada di dalam goa ini.

Batu stalagtit merupakan jenis batuan alami yang muncl dan tumbuh. Sehingga, lama kelamaan akan membesar dari atas menuju kebawah yang asal mulanya sari air yang menetes dari atas dinding goa tersebur. Kemudian, untuk batu stalagmit batu alam yang terlihat tumbuh dari bawah ke atas juga terbentuk dari tetesan air yang asalnya dari atas goa. Tak hanya bebatuan alam yang bisa dinikmati di zona ini. Sebab, masih banyak spot menarik yang bisa kita lihat. Diantaranya seperti sumur terbalik, sarang burung walet  dan lain sebagainya.

Zona Remang


Setelah anda semuanya melintasi zona pertama, hamparan batu stalagmit juga bisa anda lihat di zona ke dua Goa Pindul Jogja ini, yakni zona remang. Ternyata ini semuanya juga tak terlepas dari sebuah mitos. Konon katanya batu stalagmite perkasa di sini dapat menjadikan pria dewasa bisa menjadi semakin perkasa dengan cara melewati dan memegang batu tersebut terlebih dahulu. Semua ini disebabkan terdapatnya sebuat tempat pertapaan yang ada di belakang batu stalagmite ini.

Kemudian, untuk jenis batu stalagmit mutiara yang kondisinya masih aktif di sini kabarnya dapat menjadikan wanita dewasa menjadi semakin awet muda serta bisa bertambah cantik apabila mereka beruntung bisa terkena tetesan air yang terjatuh dari batu ini. Namun, selain ada mitos-mitosnya, zona remang ini juga merupakan zona yang paling disukai oleh para wisatawan. Sebab disini memiliki pemandangan bebatuan stalagtit yang cantik sekali. Maka dari itulah sangat pas sekali jika digunakan sebagai lokasi untuk berfoto.

Zona Gelap

Sesudah melintasi zona kedua, selanjutnya anda akan melewati zona ketiga yaitu zona yang gelap abadi. Perlu anda ketahui, jika keadaan zona ini sangat guilta, bahkan juga tidak pernah terkena paparan sinar matahari, entah itu secara langsung maupun yang asalnya dari pantulan cahaya dari dinding-dinding yang ada di sekitarnya. Agar tampak terang, disini para pemandu juga akan menyalakan senternya.

Namun, ketika memasuki zona ini pada umumnya pemandu akan mematikan senter dan mengajak para pengunjung untuk sejenak  berdiam diri dan berdoa di zona ini. Ini masih sering dilakukan oleh para pengunjung, sebab untuk zona ini masih dinilai sakral serta dipercaya jika Tuhan akan mengabulkan doa yang bersifat baik di tempat ini.  Apabila anda merasa takut, anda bisa meminta pemandu untuk menyalakan senternya. Zona yang lokasinya ada di tengah-tengah perjalanan susur goa ini hanya dapat dilintasi oleh satu ban/tube saja.

Di sepanjang dinding yang terdapat di zona sempit ini banyak terdapat batu stalagtit besar yang lebarnya kira-kira lima rentangan tangan orang dewasa dengan panjang kurang lebih tujuh meter. Dan untuk batu ini dinamakan dengan “Soko Guru” . Jadi stalagtit ini merupakan tiang penyangga dari kedua bukit yang terdapat di atas Goa Pindul Jogja, meskipun saat diteliti ternyata batu ini tidak sampai mencapai dasar sungai.

Perlu anda ketahui, jika stalagtit Soko Guru ini merupakan stalagtit yang terbesar di Goa Pindul Jogja ini. Bahkan dikatakan telah menduduki peringkat ke empat terbesar di tingkat dunia. Tak hanya stalagtit soko guru saja, di dalam Goa Pindul Jogja ini anda juga bisa menjumpai stalagtit gong. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, stalagtit ini bisa menghasilkan suara seperti bunyi gong apabila dipukul dengan menggunakan tangan. Namun, sebaiknya tidak memukul stalagtit ini dengan keras, dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan.

Zona Kelelawar

Setelah anda semuanya melewati ketiga zona tersebut, selanjutnya anda akan memasuki sebuah zona yang dinamakan dengan zona kelelawar. Perlu anda ketahui, jika zona  ini merupakan zona terpanjang yang ada di Goa Pindul Jogja. Sesuai dengan namanya, sepanjang zona ini banyak dihuni oleh ribuan kelelawar yang kerdil. Kelelawar disini jinak dan tidak akan menyerang manusia yang ada di dalamnya. Jenis kelelawar ini pada umumnya memakan serangga atau nyamuk untuk dijadikan sebagai makanan pokoknya. Bahkan hewan ini akan merasa takut saat pemandu mengarahkan lampu pada arah mereka.

Meskipun begitu, para pengunjung sebaiknya tetap berhati-hati agar tidak menggangunya ketika sedang melewati zona ini. Yang harus diperhatikan yaitu para pengunjung tidak diizinkan untuk membunuh atau menyakiti kelelawar yang hidup di dalam goa ini. Perlu anda ketahui, jika angit-langit dinding yang dihuni oleh kelelawar ini membentuk sebuah lukisan abstrak. Lukisan ini terbentuk dari bekas air seni yang biasanya digunakan sebagai penanda daerah kekuasaannya dari tiap hewan ini.

Setelah itu, tidak jauh dari zona kelelawar anda akan menjumpai sebuah batu yang unik dan indah yang dinamakan dengan Batu tirai. Batu ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Sebab bentuknya melebar seperti halnya pada lapisan kain gorden. Lain halnya dengan stalagtit lain yang pada umumnya berbentuk mengerucut.  Tak hanya memiliki bentuk yang unik saja, batu tirai ini juga bisa menampakkan kerlipan cahaya dari balik batu tersebut.  Biasanya akan tampak apabila disorot menggunakan lampu atau senter.

Nah, saat anda semuanya telah dekat dengan titik finish Goa Pindul Jogja ini pengunjung bisa melihat keindahan cahaya yang berasal dari sebuah lubang yang terbentuk dari atas langit-langit goa. Cahaya yang masuk dalam goa ini sangat mempesona. Bahkan keidahannya dapat membuat decak kagum siapa saja yang melihatnya. Dan pemandangan inilah yang dinamakan cahaya dari The Hidden Paradise Of Jogja  atau surga yang tersembunyi di Jogja. Untuk anda yang ingin menikmati keindahan cahaya ini anda harus datang di waktu yang tepat. Yaitu saat pagi menjelang siang hari, di jam 10 pagi hingga jam 12 siang saat cuaca sedang cerah.

Nah, apabila anda semuanya sudah sampai di Goa Vertikal, pada umumnya para pemandu akan memberikan saran pada anda untuk turun dari ban. Dan anda diperbolehkan untuk berenang atau melompat serta berfoto-foto di tempat ini.  Meskipun begitu, anda semuanya juga boleh tetap duduk diatas ban sambil menikmati alam sekitar. Disini,  pemandu akan tetap mengawasi atau memantau anda. Jadi,  anda semuanya tidak perlu lagi khawatir walaupun anda tidak dapat berenang. Karena anda akan tetap aman dan mengapung di atas permukaan air yang jernih dan dingin ini.

Sesudah anda semuanya merasa puas dengan berbagai macam aktivitas di dalam Goa,  anda akan sampai finish. Finish Goa Pindul Jogja ini diberi nama oleh warga sekitar dengan sebutan Banyu Moto atau Mata Air. Setelah anda semuanya berjalan keluar, para wisatawan akan di jemput dengan menggunakan alat transportasi unik yang dinamakan dengan Pajero Pindul. Anda semuanya akan diantarkan kembali ke basecamp semula.

2. Rafting Sungai Oyo
Goa Pindul Jogja 2019

Wahana yang kedua yang bisa anda nikmati dari wisata Goa Pindul Jogja yaitu wahana rafting di Sungai Oyo. Sama pada saat anda semua melakukan wahana yang pertama, disini anda semuanya akan menyusuri sungai Oyo yang mengalir dari arah timur ke barat wilayah Desa Bejiharjo. Penelusuran Sungai Oyo ini akan dilakukan dengan jauh 4 kilo meter. Yang mana, kedalaman sungai tersebut bisa mencapai 7 sampai dengan 10 meter.

Anda semuanya tidak perlu merasa khawatir dengan kedalamannya, sebab disini para wisatawan akan dipandu untuk menikmati wahana oleh tenaga yang sudah berpengalaman dan juga profesional. Perjalanan ini juga bisa terasa semakin sempurna, karena disini, anda semuanya bisa menikmati pemandangan yang indah yang berasal dari batuan karst yang ada di sekeliling Sungai.

Untuk anda yang penat dan sibuk dengan aktivitas harian, wahana ini bisa anda coba untuk menghilangkan rasa penat anda semuanya. Saat rafting Sungai Oyo ini anda semuanya akan diberikan beberapa peralatan sesudah membayar tiket Goa Pindul Jogja. Peralatan yang diberikan diantaranya seperti rompi pelampung, transportasi mobil untuk sungai Oyo, ban pelampung, sepatu karet, dan juga dikawal oleh pemandu yang telah profesional.

Tips Berwisata Di Goa Pindul

Di zaman yang sudah serba modern ini, banyak sekali agen travel serta tour guide yang menawarkan berbagai macam paket liburan yang seru dan menyenangkan di Jogja. Salah satunya yaitu di Goa Pindul Jogja. Jadi, anda semuanya tidak perlu merasa repot mencari alamat dan merencanakan banyak kegiatan yang nantinya akan dilakukan saat tiba di sana. Sebab, kesemuanya itu telah diurus oleh agen travel atau tour guide. Dari mulai biaya masuk sampai dengan penginapan serta akomodasi yang lainnya.
Goa Pindul Jogja 2019

Anda hanya perlu dengan fasilitas gadget, selanjutnya mencari info tentang paket liburan Goa Pindul Jogja. Lalu, anda semuanya tinggal mempersiapkan perbekalan yang mungkin akan anda butuhkan nantinya. Misalnya saja seperti misalnya keuangan, pakaian atau obat-obatan. Selain itu, anda juga perlu mempersiapkan fisik yang sehat agar liburan anda bisa lebih berkesan.

Apabila anda ingin masuk dan susur goa ini, sebaiknya anda langsung menggunakan pakaian yang siap basah. Karena pakaian anda nantinya akan basah. Disarankan juga untuk tidak membawa barang-barang berharga atau yang dinilai tidak terlalu penting. Sebab, disini akan sangat merepotkan anda sendiri yang mengapung di atas air dalam waktu lebih dari satu jam.  Apalagi benda berharga seperti perhiasan, hindari untuk memakainya. Sebab, kedalaman air di Goa ini berbeda-beda. Sehingga, apabila barang berharga anda terjatuh ke dalam air, maka akan kesulitan untuk mengambilnya.

Akan tetapi, apabila anda semuanya terlanjur membawa barang-barang itu, maka anda dapat menitipkannya di tempat penitipan barang yang telah disediakan dari pihak pemandu. Saat anda semuanya berkunjung ke Goa Pindul Jogja, sebaiknya anda juga bisa selalu menjaga sikap dan kebersihan. Tujuannya tak lain agar kebersihan serta kelestarian tempat ini bisa selalu terjaga serta dapat dinikmati anak turun kita di masa depan.

Jika dilihat secara keseluruhan,  Goa Pindul Jogja ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang begitu recommeded untuk anda jadikan sebagai destinasi liburan anda. Sebab, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah serta bisa memberikan kepada anda yang pengalaman berkesan dan pastinya tak terlupakan.

Baca Juga : 15 Paket Wisata Jogja Yang Wajib Kamu Coba 

Paket Wisata Goa Pindul Jogja

Liburan di Goa Pindul Jogja merupakan alternatif pilihan banyak orang di semua kalangan. Sebab,  banyak paket wisata yang ditawarkan di sini. Untuk paket wisata yang di tawarkan di Wisata Goa Pindul ini antara lain yaitu Cave Tubing Goa Pindul, River Tubing Goa Pindul, Offroad, dan masih ada lagi yang lainnya. Dengan bervariasinya pilihan paket yang aman di berbagai kalangan usia, maka wisata Goa Pindul Jogja ini menjadi wisata terfavorit di Gunungkidul. Berikut ini adalah paket wisata Goa Pindul yang bisa anda jadikan sebagai pilihan.
Goa Pindul Jogja 2019

Untuk informasi selengkapnya dan Booking tiket Goa Pindul Jogja 2019 dapat menghubungi kami WA : 081904043741 (24 Jam)

Paket Outbound

·         Paket outbound : Rp 35.000/ (Fun Game)
·         Of Road : Rp 500.000 / unit 3 orang

Paket Makan

·         Paket A : Rp 25.000/pak (Prasmanan)
·         Paket B : Rp.20.000/pak (Prasmanan)

Paket Home Stay : Rp 40.000 (min 10 orang)

Paket Wisata Goa Pindul

·         Goa Pindul yaitu harga Rp 40.000
·         Rafting Oya Track Pendek dengan harga Rp 60.000
·         Rafting Oya Track Panjang dengan harga Rp 60.000
·         Goa Gelatik dengan harga Rp 35.000
·         Goa Baru dengan harga Rp 35.000
·         Sumber Gunungabang dengan harga Rp 25.000
·         Situs Purba dengan harga Rp 25.000
·         Monumem Jend Sudirman dengan harga Rp 10.000
·         Pabrik Minyak Kayu Putih dengan harga Rp 25.000

This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner