Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja 2019, beserta kegiatan di kawasannya ?????

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja 2019

Informasi kegiatan di kawasan Goa Pindul dan harga tiket masuk menuju Goa Pindul bisa Anda dapatkan di sini. Berbagai kegiatan yang menarik di goa yang eksotis ini bisa Anda ketahui sebelum Anda berangkat berwisata.
Bagi Anda yang hendak berkunjung di Goa Pindul, akan sangat baik apabia sebelumnya Anda telah memahami tempat tujuan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dengan jelas.
Selain itu, Anda bisa mempersiapkan berbagai hal yang nantinya akan Anda butuhkan di tempat tujuan, dalam hal ini Goa Pindul Yogyakarta. Liburan pun akan lebih siap dan berjalan lancar tanpa hambatan suatu apapun.
Goa Pindul merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Yogyakarta memang menawarkan berbagai jenis tempat wisata.
Mulai dari wisata alam, hingga destinasi wisata lainnya bisa Anda temukan di Kota Yogyakarta. Mulai dari yang bertemakan air, perbukitan, rafting, goa, studi, dan lain sebagainya tersedia di kota yang “berhati hangat” ini.
Lebih tepatnya, tempat wisata Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Dareah Istimewa Yogyakarta. Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang ada di Kota Yogyakarta yang kini tengah melejit namanya.
Dahulunya, kabupaten ini dianggap tertinggal dengan kawasannya yang gersang, minim air, dan kurang produktif. Namun, saat ini Kabupaten Gunungkidul beserta masyarakatnya semakin maju dan berkembang pesat.
Berkat kegigihan dan perjuangan masyarakat beserta pemerintah, Kabupaten Gunungkidul kini menjadi salah satu primadona wisata di Kota Yogyakarta. Bahkan, Kabupaten Gunungkidul telah memiliki image yang sangat baik dengan sebutan “The Hidden Paradise”.
Meskipun kawasan ini memang berupa kawasan pegunungan yang gersang, namun dibalik semua itu tersimpan berbagai keindahan alam yang mempesona, yang siap memukau setiap mata.

Seputar Goa Pindul Jogja

Di Kabupaten Gunungkidul, Anda bisa menemukan ratusan tempat wisata yang siap memukau Anda. Mulai dari pegunungan, sungai, telaga, perbukitan, goa, situs bersejarah, embung, dan berbagai tempat wisata lainnya bisa Anda temukan.
Salah satu tempat wisata yang berhasil mengangkat nama Gunungkidul di Indonesia bahkan dunia internasional adalah Goa Pindul. Goa Pindul ini merupakan kawasan goa beserta sungai bawah tanah yang begitu eksotis dan mempesona.
Nama Goa Pindul kini telah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, Goa Pindul juga telah dikenal oleh dunia akan pesonanya. Wisatawan domestik dan mancanegara selalu memadati tempat wisata nan eksotis ini.
Bahkan, ketika musim liburan telah tiba, seringkali Goa Pindul menolak kunjungan wisatawan kareana tak mampu lagi menerima kunjungan yang begitu membludak. Ribuan pengunjung datang dan memenuhi Goa Pindul.
Goa Pindul terdiri atas kawasan goa, kawasan sungai, serta kawasan sungai bawah tanah. Di dalam kawasan goa dan sungai bawah tanah ini, wisatawan akan disuguhkan oleh keindahan stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dinding dan lantai goa.
Telebih lagi, tidak semudah itu stalagtit dan stalagmit terbentuk. Dibutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk bisa membentuk ornamen goa sebagaimana yang ada di Goa Pindul tersebut.
Selain itu, di kawasan goa ini juga terdapat sejumlah sungai bawah tanah yang menjadi ciri khas kawasan karst (pegunungan kapur). Di Goa Pindul ini, Anda bisa menikmati keindahan goa beserta sungai bawah tanah yang begitu memukau.
Mulai dari goa dan sungai bawah tanah yang memanjang, hingga kawasan sungai bawah tanah yang berbentuk danau dalam goa bisa Anda temukan di sini. Keindahan alam ini bisa dinikmati dengan rafting, yang akan lebih berkesan dan menantang.
Sementara itu, keindahan sungai yang ada di kawasan ini juga bisa dinikmati oleh pengunjung dengan rafting. Pengunjung akan didampingi oleh pemandu, sehingga rafting akan tetap aman, mendidik, dan menyenangkan.

Beragam Kegiatan Beserta Harga Tiket Masuk di Goa Pindul Jogja

Goa Pindul menjadi salah satu primadona wisata di tanah air. Dengan beragam bentuk wisatanya, Goa Pindul menawarkan berbagai kegiatan menarik bagi para wisatawan yang berkunjung.
Untuk menikmati keindahan dan pesona alam di kawasan Goa Pindul, Anda bisa melakukan sejumlah kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Berbagai kegiatan ini bisa Anda lakukan di sejumlah tempat wisata di kawasan Goa Pindul.
Berikut in isejumlah kegiatan wisata beserta harga tiket masuk di sejumlah tempat wisata di kawasan Goa Pindul:

Memacu Adrenalin dengan Kegiatan Rafting Oyo


Selain memanjakan mata di kawasan Goa Pindul, Anda juga bisa sekaligus memacu adrenalin Anda bersama dengan keluarga atau teman berkunjung Anda. Kegiatan ini berupa susur sungai atau rafting.
Untuk kegiatan rafting, dilakukan di Sungai Oyo yang mengalir di kawasan Goa Pindul. Dalam kegiatan rafting Oyo ini, Anda akan menyusuri sebagian aliran Sungai Oyo dengan mengenakan pelampung dan ban.
Bersama dengan teman berkunjung Anda, kegiatan di kawasan Goa Pindul ini akan sangat menantang dan memacu adrenalin Anda. Bagi Anda yang gemar dengan kegiatan yang memacu adrenalin, kegiatan ini harus Anda coba di Goa Pindul.
Masalah keamanan, Anda tidak perlu khawatir. Setiap rombongan rafting akan didampingi oleh seorang pemandu yang telah profesional dan berpengalaman. Pemandu ini siap mendampingi dan menjaga rombongan Anda agar tetap aman dan nyaman melakukan rafting Oyo.

Harga Tiket Masuk Rafting Oyo

Untuk menikmati keindahan dan memacu adrenalin di Sungai Oyo ini, Anda hanya cukup membayar tiket seharga Rp 60.000,- saja. Dengan biaya yang sangat bersahabat ini, Anda akan mendapatkan sejumlah fasilitas.
Mulai dari pemandu, pelampung, sepatu karet, ban tubing, asuransi, angkutan armada wisata, serta segelas wedang atau minuman hangat. Cukup lengkap bukan untuk harga tiket yang terjangkau tersebut.
Mulai dari awal registrasi, Anda akan segera mendapatkan pemandu yang mengarahkan Anda dan rombongan untuk rafting Oyo. Pada bagian awal, Anda harus mengenakan pelampung, sepatu karet, serta membawa ban.
Setelah selesai mengenakan perlengkapan safety, Anda dan rombongan akan diangkut menuju titik awal rafting dengan angkutan armada wisata. Setelah selesai menyusuri Sungai Oyo, Anda akan tiba di titik penjemputan dan diangkut dengan angkutan armada wisata.

Menikmati Keindahan Goa Glatik


Selain kawasan Sungai Oyo, Anda juga bisa menikmati keindahan goa di Goa Glatik. Goa ini masih termasuk dalam kawasan Goa Pindul yang juga tak kalah mempesona dengan Goa Pindul.
Dengan demikian, Anda tidak perlu berpindah jauh karena lokasinya masih sangat dekat dengan Goa Pindul. Hanya tinggal berkendara beberapa menit saja, Anda bisa segera sampai di Goa Glatik.
Dahulunya, Goa Glatik sering digunakan sebagai tempat bertapa untuk mendapatkan ketenangan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kini tak ada lagi pertapaan dan justru beralih menjadi tempat wisata.
Hal ini dikarenakan di dalam goa ini tersimpan keindahan goa yang begitu memukau. Anda bisa menyusuri goa ini dengan berjalan kaki hingga merangkak di lorong-lorong goa yang cukup sempit.
Goa ini dinamakan Glatik karena ketika ditemukan, di pintu goa banyak terdapat Burung Gelatik. Selain itu, goa ini juga sering disebut dengan Goa Glatik Lorong Sewu, karena di dalamnya terdapat 7 lapis goa.
Dalam melakukan kegiatan susur Goa Glatik ini pun, Anda juga akan didampingi seorang pemandu. Pemandu akan mengarahkan Anda mulai dari persiapan hingga kegiatan susur goa selesai.
Persiapan pertama yang harus Anda lakukan adalah pemakaian safety. Anda harus mengenakan helm untuk melindungi kepala saat susur goa serta sepatu agar lebih aman dan tidak mudah terpeleset.
Selain itu, karena kondisi di dalam Goa Glatik begitu gelap, Anda juga akan dibekali dengan senter. Dengan senter ini, perjalanan Anda akan lebih terang dan aman.
Untuk menjaga keselematan, di dalam goa ini juga telah stand by perlengkapan keselamatan seperti tabung oksigen dan set P3K.

Harga Tiket Masuk Goa Gelatik

Agar bisa melakukan kegiatan di Goa Gelatik, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 30.000,- per orang. Dengan biaya ini, Anda sudah bisa mendapatkan perlengkapan keamanan dan asuransi, serta pemandu yang akan menemani dan menjaga kegiatan Anda.
Bagi Anda yang hobi caving, Goa Kristal ini sangat cocok untuk Anda. Kondisi dalam goa yang tidak terlalu lebar mengharuskan Anda untuk merangkak di sejumlah spot, sehingga siap memacu adrenalin Anda.
Meskipun demikian, karena ruangan yang sempit, oksigen yang tersedia pun tentu juga akan semakin minim. Oleh karena itu, meskipun Anda hobi atau telah berpengalaman, Anda tetap harus berhati-hati dan mengutamakan safety.

Menyusuri Indahnya Goa Kristal

Masih di dalam kawasan wisata Goa Pindul, Anda bisa melakukan kegiatan susur gua di Goa Kristal. Lokasi Goa Kristal ini juga masih dekat dengan Goa Pindul, sehingga sangat mudah untuk Anda temukan.
Sejumlah petunjuk jalan juga telah disediakan di sejumlah titik di sepanjang jalan. Dengan demikian, para pengunjung bisa dengan mudah menemukan lokasi wisata yang akan dikunjunginya.
Goa Kristal menjadi salah satu goa yang ada di kawasan Goa Pindul yang juga siap memukau para pengunjung. Dengan keindahannya, goa ini juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.
Ciri khas dari Goa Kristal adalah adanya stalagtit dan stalagmit yang dihiasi dengan kristal-kristal yang terbentuk secara alami. Kawasan Goa Pindul sekaligus Gunungkidul merupakan kawasan karst di mana struktur batuannya berupa batuan kapur.
Di kawasan karst seperti ini akan sering terbentuk goa-goa yang juga terdapat resapan air yang kemudian menetes. Tetesan air yang mengandung kapur ini lama-kelamaan akan membentuk plak kapur yang kemudian menjadi stalagtit dan stalagmit.
Sementara itu, untuk kawasan Goa Kristal ini, stalagmit dan stalagtit yang terbentuk banyak mengandung kapur, sehingga menghasilkan kristal-kristal yang nampak begitu memukau. Ketika mendapatkan sinar, maka kristal akan nampak berbinar-binar dengan indahnya.

Harga Tiket Masuk Goa Kristal

Untuk menikmati keindahan dalam Goa Kristal, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 30.000,- per orang. Dengan biaya ini, Anda telah bisa menikmati keindahan istana kristal yang eksotis dan menawan.
Anda juga akan didampingi oleh seorang pemandu. Dalam susur goa ini, pemandu akan menjelaskan berbagai bagian dari Goa Kristal beserta keindahannya. Bagi Anda penikmat caving, segera datang dan nikmati pesona istana kristal di Gunungkidul ini.

Pesona Goa Tanding, Danau dalam Goa


Jika Goa Pindul dan goa lain di sekitarnya biasanya memiliki ujung, berbeda halnya dengan goa yang satu ini. Goa Tanding merupakan goa yang alurnya hanya searah. Dengan kata lain, tidak ada ujung yang nantinya menjadi pintu keluar dari goa ini.
Dapat dikatakan, goa ini juga berbentuk seperti danau atau telaga karena di dalamnya memang berupa perairan seperti telaga yang cukup luas. Perairan di dalamnya pun juga tidak mengalir seperti sungai yang berujung, sehingga lebih mengarah ke telaga.
Hal ini memberikan penampilan dan pesona yang tersendiri bagi Goa Tanding. Suasana yang ada di dalamnya sangat berbeda dengan goa lain yang ada di kawasan Goa Pindul.
Sebagaimana goa-goa di kawasan karst, di dalam Goa Tanding juga terdapat stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dinding dan lantai goa. Ornamen goa yang begitu menawan ini nampak menggantung begitu panjang.
Hal ini menandakan bahwa ornamen tersebut telah terbentuk dalam waktu yang sangat lama. Meskipun telah lama, namun stalagmit dan stalagtit yang ada di dalam goa ini masih aktif.
Sejarah Goa Tanding
Ditemukan pada tahun 2016, awal mulanya goa ini ditemukan oleh warga setempat yang bernama Harto Tanding. Pada waktu itu, Bapak Tanding berniat untuk menggali sumur sebagai sumber air bagi keluarganya.
Akan tetapi, ketika sudah mencapai kedalaman beberapa meter, linggis atau alat bantu gali yang digunakan Bapak Tanding tiba-tiba menembus lapisan bebatuan dan masuk ke rongga perut bumi. Dengan kejadian ini, kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut oleh pihak yang berwenang.
Setelah diteliti, dipetakan, dan dilakukan penggalian, ternyata di bawah sumur Bapak Tanding terdapat goa raksasa. Goa tersebut memiliki ruangan yang jauh lebih besar dari Goa Pindul.
Kemudian karena ditemukan oleh Bapak Tanding, akhirnya goa ini dinamkan dengan Goa Tanding. Pada mulanya akses menuju goa ini hanya melalui lubang sumur Bapak Tanding. Namun setelah dikembangkan, akhirnya terdapat pintu masuk yang lebih lebar dan aman.
Kondisi Goa Tanding
Di dalam goa tanding, terdapat rongga goa yang menampung air bawah tanah dengan ukuran sebagai berikut:
Ketinggian goa                  : 4 – 11 meter
Kelebaran goa                   : 5 – 8 meter
Panjang goa                       : sekitar 450 meter
Hal ini menunjukkan bahwa Goa Tanding merupakan tampungan air bawah tanah raksasa. Dengan luasnya goa ini, wisatawan dapat menampung 2 – 3 perahu karet yang berkapasitas sekitar 6 orang.
Karena satu jalur, maka untuk menikmati keindahan Goa Tanding pengunjung harus antre dan menunggu giliran. Sebab, keamanan dan keselamatan tentu tetap dinomorsatukan oleh pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk Goa Tanding


Berbeda dengan tarif tiket masuk ke Goa Pindul dan goa-goa lainnya, Goa Tanding mematok harga yang cukup tinggi. harga tiket masuk Goa Tanding adalah sebesar Rp 250.000,- per orang.
Meskipun tergolong tinggi, namun harga ini sangat sepadan dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang Anda dapatkan. Dari paket kegiatan di goa ini, Anda bersama rombongan akan mendapatkan set safety berupa helm, sepatu, dan pelampung.
Tak hanya itu saja, Anda juga telah mendapatkan perahu karet untuk 1 rombongan, beserta seorang pemandu. Pemadnu ini akan membantu mengarahkan kegiatan Anda di dalam Goa Tanding, sehingga lebih jelas, aman, dan nyaman.
Setelah selesai menyusuri keindahan Goa Tanding, Anda juga akan diberikan wedang dan snack untuk mengganjal perut dan menghangatkan tubuh Anda.
Berbagai fasilitas yang disediakan di Goa Tanding juga sangat lengkap dan nyaman. Anda bisa menggunakan toilet umum, tempat ganti, musholla, rumah makan, serta fasilitas lainnya.
Bagi Anda yang ingin menikmati pesona kendahan telaga dalam goa, Anda bisa memasukkan Goa Tanding dalam list kunjungan Anda. Dijamin Anda akan terpukau dengan ciptaan Tuhan di balik perbukitan kars di Gunungkidul ini.

Menyusuri Goa Sriti Gunungkidul

Goa Sriti juga masih termasuk dalam kawasan wisata Goa Pindul. Sebagaimana goa-goa lain di kawasan ini, lokasinya juga tidak jauh dari Goa Pindul. Untuk goa ini, jarak dengan Goa Pindul adalah sekitar 500 meter saja.
Setelah menyusuri Goa Pindul, Anda bisa melanjutkan ke goa-goa lain, salah satunya adalah Goa Sriti ini. Pesona dalam Goa Sriti juga tak kalah dengan goa karst di kawasan ini. Keindahan ornamen goa ini siap memukau Anda.
Tak hanya itu, goa ini tentu juga memiliki ciri khasnya sendiri. Seperti namanya, “Sriti”, goa ini menjadi habitat yang sangat cocok bagi burung Sriti. Burung Sriti sendiri merupakan kelompok burung Walet namun berukuran lebih kecil.
Sarang dari burung Sriti juga hampir sama dengan sarang burung Walet, yakni ditempelkan pada dinding dan atap goa. Namun, untuk sarang burung Sriti ini banyak menggunakan seresah, sehingga tidak senilai dengan sarang burung Walet.
Pada dinding dan atap goa ini, terdapat begitu banyak burung Sriti yang hinggap dan terbang keluar masuk goa. Maka tak aneh jika nama goa ini adalah Goa Sriti.
Atap goa yang didominasi warna putih juga dihiasi dengan stalagtit dan stalagmit yang siap memukau Anda. Ornamen goa yang memukau ini juga masih aktif, ditandai dengan masih adanya tetesan air di ujung ornamen tersebut.

Harga Tiket Masuk Goa Sriti

Untuk menyusuri Goa Sriti, Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 40.000,- per orang. Tarif ini sudah termasuk dengan asuransi, pemandu, serta perlengkapan safety seperti pelampung, sepatu, serta senter.
Kegiatan susur goa di kawasan ini diawali dengan persiapan, yakni dengan menggunakan perlengkapan safety dibantu oleh pemandu. Selanjutnya, wisatawan akan dibawa menuju pintu masuk Goa Sriti dengan menaiki armada pick-up.
Setelah masuk ke dalam kawasan goa, sang pemandu akan membimbing dan mengarahkan wisatawan. Terdapat area-area yang sempit, sehingga wisatawan harus merangkak.
Bahkan ada sejumlah area yang mengharuskan wisatawan melalui celah yang terendam air. Namun, Anda tak perlu khawatir. Semua rute di goa ini telah dijamin aman serta selalu dipandu oleh pemandu.
Area yang cukup ekstrem ini berada di sekitar awal masuk goa. Rute masuk juga akan melalui palung kecil sedalam 12 meter. Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada pemandu yang mengarahkan, sekaligus set perlengkapan yang telah Anda kenakan.
Meskipun awalnya cukup ekstrem, namun setelah Anda menjejakkan kaki di dalam goa, Anda akan terpana dengan keindahan Goa Sriti. Di dalam, terdapat rongga yang cukup luas, dihiasi dengan kristal-kristal dan ornamen stalagtit stalagmit.
Goa ini juga masih dalam tahap pengembangan agar memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi salah satu destinasi wisata yang diincar oleh wisatawan. Diharapkan, goa ini bisa terus berkembang, dikenal, dan diminati oleh wisatawan sebagaimana goa di kawasan Pindul lainnya.

Menguji Adrenalin dengan Offroad Pindul


Setelah bermain air di kawasan sungai dan menyusuri keindahan alam goa di kawasan Goa Pindul, Anda juga bisa menikmati wahan Offroad Pindul. Dengan offroad Pindul ini, Anda bisa menyusuri kawasan Sungai Oyo dan Kawasan Sungai Pindul dengan lebih menantang adrenalin.
Kegiatan offroad ini bisa menjadi kegiatan yang berbeda setelah Anda berkegiatan di sungai dan kawasan goa. Dengan menaiki mobil Jeep, Anda akan diajak untuk offroad yang cukup menantang dengan berbagai medannya.
Untuk kegiatan offroad di kawasan Pindul ini, Anda akan diajak melalui rute sepanjang 15 km. Rute ini akan dilalui selama sekitar 1,5 – 2 jam. Medan offroad pun sangat bervariasi, mulai dari menyeberangi sungai dangkal, menyusuri Sungai Oyo, melalui perbukitan dan juga ladang.
Kegiatan offroad dapat Anda lakukan secara grup dengan tiap mobil Jeep berisi 4 orang wisatawan. Kegiatan ini tentu akan sangat cocok bagi wisata keluarga Anda di Kawasan Goa Pindul selain menyusuri sungai dan goa.
Bersama dengan keluarga atau rombongan teman, Anda bisa menjajal adrenalin Anda dengan offroad Pindul. Anda juga akan dibawa menyusuri spot-spot foto yang eksotis dan instragamable.

Tarif Kegiatan Offroad Pindul

Untuk kegiatan offroad Pindul ini, tarif yang dikenakan bukan perorang, melainkan per Jeep. Satu Jeep akan dikenakan tarif sebesar Rp 450.000,- dengan penumpang sebanyak 4 orang saja. Tarif ini sudah termasuk dengan asuransi dan paket keselamatan.
Kegiatan offroad ternyata juga banyak diminati oleh para wisatawan. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang melakukan kegiatan offroad Pindul bersama dengan rombongannya.
Biasanya, selain rombongan keluarga, pengunjung yang melakukan offroad Pindul ini adalah rombongan dari komunitas atau instansi tertenu. Dengan ber-offroad bersama, maka rombongan dapat bersuka ria dan merefresh pikiran.

Rute Kawasan Goa Pindul dari Pusat Jogja

Lokasi kawasan Goa Pindul yang terletak di Kabupaten Gunungkidul tidaklah sulit untuk ditemukan. Terlebih lagi, karena wisata ini telah menjadi primadona, pemerintah telah menyediakan petunjuk jalan yang cukup jelas di banyak spot.
Apabila Anda beranjak dari pusat Kota Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 – 2 jam untuk menuju Kawasan Goa Pindul. Anda harus sampai di ibu kota Gunungkidul, yakni Wonosari terlebih dahulu.
Untuk menuju Wonosari, Anda bisa menaiki angkutan umum seperti bus ataupun ojek. Namun, untuk pengalaman yang lebih menarik lagi, Anda bisa menyewa mobil atau sepeda motor.
Setelah di Wonosari, Anda bisa mengikuti petunjuk jalan menuju Kawasan Goa Pindul yang telah tertera di berbagai jalan Wonosari. Dari pusat kota ini, Anda hanya perlu berkendara selama sekitar 20 menit saja.
Kawasan Goa Pindul menjadi salah satu kawasan wisata yang populer dan diminati oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Setiap harinya, kawasan ini selalu dipenuhi oleh pengunjung, terlebih lagi ketika musim libur telah tiba.
Mulai dari kawasan goa, sungai, hingga wahana offroad akan diramaikan oleh wisatawan yang berkunjung. Siapkan squad Anda dan temukan kebersamaan serta keseruan di kawasan Pindul ini.
Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Goa Pindul Gunungkidul, Yogyakarta, bahasan ini bisa menjadi sumber informasi terkait berbagai kegiatan di Kawasan Pindul beserta harga tiket masuk. Anda juga bisa mempersiapkan kebutuhan Anda, sehingga liburan lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner