Harta Tiket Masuk Goa Cristal

Goa Cristal merupakan salah satu objek wisata yang berada di area kawasan Goa Pindul. Tepatnya di sebelah barat finish Goa Pindul sekitar 200 m. Goa ini merupakan salah satu goa kering. Sehingga jenis penelusuran goa ini membuat wisatawan tidak perlu memakai ban atau tubing ketika di dalamnya. Berbeda sekali dengan wisata Goa Pindul. Goa yang ditemukan di akhir tahun 2013 ini mempunyai stalaktit dan stalakmit yang berbentuk seperti batu kristal. Lantas berapa harga tiket masuk Goa Cristal ini?

Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk Goa Cristal

Seperti yang kita tahu, Gunungkidul memang punya banyak sekali keindahan alam yang luar biasa dan sangat memukau. Mulai dari wisata pantai, sungai dan goa bisa ditemukan di wilayah ini. Gunungkidul merupakan wilayah di bagian selatan DIY. Mempunyai goa unik yang dipenuhi gemerlap kristal di dalamnya. Goa ini diberi nama oleh masyarakat setempat dengan nama Goa Cristal. Dijuluki seperti itu karena goa ini mempunyai kristal di dalam komposisi batuannya. Goa ini berlokasi di Desa Bejiharjo, Karangmojo dan lokasinya tidak jauh dari Goa Pindul.

Goa indah yang satu ini ditemukan sekitar 2013 lalu. Ketika masuk ke mulut goa, pengunjung sekilas bisa melihat ruangan yang gelap. Ketika mulai memasuki badan goa, maka pengunjung bisa melihat indahnya batuan dalam bentuk stalakmit dan stalaktit. Pancaran gemerlap kristal bebatuan di ruangan tersebut membuat goa ini sangat memanjakan mata. Saat itu harga tiket masuk Goa Cristal belum ditetapkan. Karena memang pada awal penemuannya, goa ini belum dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Baru mulai tahun 2014, Goa Cristal ini mulai ramai pengunjung. Setiap harinya pasti ada pengunjung yang datang. Bahkan setiap bulannya tidak kurang dari 2 ribu pengunjung mencoba tempat wisata yang satu ini. Baik dari wisatawan domestik hingga ke mancanegara, mereka tertarik untuk mencoba wisata alam ini.

Menyusuri Goa Cristal yang Baru di Area Pindul

goapinduldua.com
Karena goa ini belum lama ditemukan, maka wajar saja bila banyak yang menyebut Goa Cristal ini adalah goa baru. Untuk bisa masuk ke goa, maka pengunjung harus melewati lubang dengan diameter 50 cm. Oleh sebab itu, hanya bisa masuk satu per satu dan bergantian. Tidak bisa masuk bersamaan. Sementara untuk bagian dalam goa ternyata cukup luas. Tetapi kondisinya lembab, lantainya licin dan panjang. Di dalam goa sangat gelap, jadi anda harus menggunakan lampu senter. Menurut penjelasan dari pemandu wisata, terkadang goa ini juga bisa terendam air bila sedang turun hujan lebat.

Walaupun saat berada di dalam Goa Cristal ini sedikit panas, tetapi saat berada di dalamnya pengunjung dapat menikmati indahnya stalaktit dan stalakmit yang menghiasi hampir di semua sudut atap goa. Stalaktit dan stalakmit ini terbentuk dari proses alami. Batuan indah yang mirip seperti kaca kristal tembus pandang ini bila memperoleh sinar dari lampu senter akan tampak berkilauan seperti berlian.

Walaupun tampak indah, namun keberadaan Goa Crista ini disebut-sebut rawan kerusakan. Sebab lokasinya berada di kawasan tambang batu. Selain itu, goa ini juga masih berbahaya sebab oksigen yang ada di dalamnya masih sedikit.

Bila anda malas untuk berbasah-basahan ketika berwisata di kawasan Goa Pindul, maka Goa Cristal bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi anda yang ingin berwisata keliling goa tanpa basah dan terkena air. Goa Cristal adalah wisata goa natural yang memiliki pemandangan cantik di dalamnya.

Tips Berwisata ke Goa Cristal

Berikut ini adalah beberapa tips wisata yang sebaiknya dilakukan sebelum anda berkunjung ke objek wisata Goa Cristal yang ada di kawasan Goa Pindul.

Datang di Awal Bulan

Sebaiknya anda datang ke Goa Cristal dan Goa Pindul ketika tanggal muda. Antara tanggal 1 sampai 10. Atau ketika weekend pertama, justru di tanggal-tanggal ini suasana sekitar goa sedikit lebih lengang. Menurut perkiraan, hal ini dikarenakan para wisatawan sibuk belanja atau mengunjungi berbagai objek wisata yang memerlukan budget lebih. Seperti ke luar negeri atau menghabiskan uang ke pusat perbelanjaan. Berbeda dengan goa ini. Sebab hanya dengan budget yang minim, anda sudah bisa mendapatkan tiket masuk goa.

Hindari Datang Saat Weekend

Sebaiknya anda hindari hari-hari weekend seperti Sabtu dan Minggu. Sebab hari tersebut padat pengunjung. Sehingga anda pasti kurang nyaman dan leluasa bila berkunjung ke Goa ini. Apalagi bila ingin masuk ke Goa Cristal, ketika ramai pengunjung, maka anda pasti akan antri lama.

Dapatkan Harga Tiket Terbaik

Untuk berwisata ke Goa Cristal, anda bisa memperoleh harga tiket masuk goa yang terjangkau. Hal ini bisa anda peroleh bila anda mempercayakan wisata anda kepada kami. Anda bisa mendapatkan harga tiket masuk sebesar Rp 40.000 per orang ke Goa Cristal. Dari harga tiket ini, anda sudah mendapatkan fasilitas berupa helm pengaman, sepatu karet serta didampingi oleh pemandu wisata profesional.