Keseruan Berlibur di Goa Pindul, Keindahan dan Aktivitas Menyenangkan

Posted on

Jika Anda menyukai perjalanan tubing adventure atau wisata alam, Goa Pindul cocok sebagai tujuan wisata. Karena di Goa Pindul Anda akan menemukan perjalanan tubing adventure dengan keelokan alam yang masih terjaga. Selain itu menyusuri goa bawah tanah dengan aliran sungai sepanjang lorong goa. Anda akan mendapatkan keseruan berlibur di goa pindul.

Maka dari itu untuk menyusurinya Anda harus menggunakan alat khusus yang sudah tersedia. Dengan panjang berkisar 350 m, lebar 5 m, dan jarak permukaan air dengan atap mencapai 4 m. Goa ini memiliki sungai yang mengalir di dalamnya dengan kedalaman air maksimum 12 m.

Pada bagian dinding-dindingnya terdapat ornamen alami serta stalaktit dan stalagmit di dinding dan langitnya. Bahkan batu stalagmit di Goa Pindul tercatat sebagai yang terbesar keempat di dunia. Berikut ini keseruan berlibur di Goa Pindul yang akan Anda dapatkan.

Keseruan Berlibur di Goa Pindul
Instagram @goapindul.id

Keseruan Berlibur di Goa Pindul dengan Keindahan dan Aktivitas Menyenangkan 

Setelah resmi dibuka pada tahun 2010 sebagai lokasi wisata, pengunjung terus berdatangan dan semakin meningkat. Setiap tahunnya pengunjung terus datang dan sekarang wisata Goa Pindul menjadi tempat wisata favorit di Yogyakarta. Aktivitas utama dari perjalanan wisata ini adalah susur sungai atau cave tubing. Nantinya pengunjung akan menyusuri tiga zona, yakni zona terang, zona remang, dan zona gelap gulita.

Zona Penyusuran 

Keseruan berlibur di Goa Pindul yang pertama Anda akan menjelajah sungai dalam goa. Untuk menyusuri sungainya, Anda harus menggunakan ban dan pelampung untuk keselamatan. Pertama-tama Anda akan mulai dari tempat pertama yakni zona terang setelah garis start.

Selama penyusuran zona ini, Anda akan melihat pesona eksotis pada sisi-sisi goa yang dihias dengan ornamen. Tidak hanya itu, pada zona ini Anda juga akan melihat stalagtit dan stalagmit pada langit-langit goa.

Kedua batu pada zona ini masih aktif tumbuh, kemudian pemandu wisata akan mengingatkan peserta untuk tidak menyentuhnya. Beberapa hewan liar seperti laba-laba dan kelelawar akan menghiasi perjalanan di zona terang. Setelah itu Anda akan menuju zona remang, dengan cahaya yang minim. Pada zona ini Anda memerlukan headlamp yang telah pemandu dan pengunjung bawa.

Pada zona ini Anda masih akan melihat stalaktit dan stalagmit dengan ukuran serta bentuk yang beragam. Meskipun begitu kedua batu ini tetap saja eksotis seperti karya lukisan seniman. Selain itu, pada zona ini Anda juga akan menemukan beberapa sarang burung Walet. Pada zona remang difungsikan sebagai tempat peternakan Walet.

Kemudian Anda akan melalui zona terakhir, yakni zona gelap dengan suasana yang semakin menegangkan dan seru. Pemandu wisata akan mengarahkan Anda untuk mematikan semua headlamp dan berdo’a sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat penglihatan. Setelah semua proses selesai, perjalanan berlanjut menuju garis finish.

Pemandangan Alam serta Suasana yang Menyenangkan 

Keseruan berlibur di Goa Pindul selanjutnya adalah alam yang berada di Goa Pindul ini masih asri. Berbagai pepohonan tumbuh dengan subur dan rimbun. Hal ini membuat suasana pada daerah tersebut masih sejuk dan terasa menyegarkan. Dengan nyanyian burung dan suara aliran sungai menambah keindahan alam pada Goa Pindul.

Meskipun di dalam goa tidak dapat menikmati pemandangan pepohonan alam sekitar. Anda akan tetap menikmati pemandangan lain seperti pemandangan stalaktit dan stalakmit yang indah. Dengan posisi Anda yang berada di atas ban pelampung dapat mempermudah untuk melihat ke langit-langit goa.

Goa Pindul ini sudah ada secara alami sejak zaman dahulu. Keberadaannya bahkan sudah diperkirakan ada sejak berjuta tahun yang lalu. Pada kanan kiri sungai terdapat tebing batu dengan warna coklat.

Tebing ini juga ditumbuhi tumbuhan dan semak yang semakin membuat tepian sungai menjadi indah. Keseruan berlibur di Goa Pindul Anda akan seperti merasa sedang menyusuri sungai di Arizona.

Aktivitas Wisata yang Terjamin 

Pemandu wisata berpengalaman akan memandu Anda menyusuri sungai. Apalagi dengan peralatan yang sudah terjamin sesuai standar operasional. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengikuti segala kegiatan yang ada. Keseruan berlibur di Goa Pindul kemudian bisa Anda dapatkan.

Anda juga bisa menikmati kegiatan selain menyusui sungai, seperti menaiki jeep melalui jalanan ekstrim, River Tubing di sungai Oyo, rafting di Goa Tanding, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan keamanan ekstra Anda harus mendengarkan arahan pemandu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sejarah Awal Mula 

Pada awalnya, sebelum menjadi tempat wisata, sungai ini menjadi tempat bersih-bersih oleh masyarakat sekitar. Biasanya masyarakat menggunakannya sebagai tempat mencuci, memancing, mandi, dan juga kegiatan lainnya. Alasannya karena sungai ini memiliki kondisi yang masih bersih dan tidak tercemar.

Pada sungai ini juga banyak ikan yang hidup. Warga sekitar sering mengambil ikan untuk mereka konsumsi sebagai lauk pauk. Sungai ini bahkan membantu kegiatan warga sekitar dengan baik dan masyarakat memanfaatkannya. Sejarah dulunya menurut legenda yang ada, dahulu ada dua orang utusan dari Panembahan Senopati.

Mereka bernama Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Panembahan mendapatkan tugas untuk membunuh bayi yang mereka bawa. Akan tetapi karena kelucuan bayi tersebut, mereka mengurungkan niat untuk membunuhnya. Kemudian mereka memandikan sang bayi di aliran arus air dari injakan kaki Ki Juru Mertani pada tanah.

Saat sedang memandikan sang bayi, pipinya terbentur ke salah satu dinding goa. Sehingga membuat tempat ini dinamakan dengan Goa Pindul, yang berarti pipi kebendul. Saat masuk ke dalam goa Anda akan langsung disambut dengan kelelawar yang beterbangan.

Itulah keseruan berlibur di Goa Pindul yang bisa Anda dapatkan. Saat mengunjunginya jangan lupa untuk mempersiapkan waktu dan tubuh yang sehat agar dapat bermain dengan puas. Sebelum masuk ke kawasan wisata Anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu.