Keunikan di Goa Pindul yang Bisa Anda Dapatkan Saat Berkunjung!

Posted on

Goa Pindul Jogja, Membicarakan tentang wisata di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Karena setiap tempat wisata di Jogja memiliki pesona dan keunikannya masing-masing. Salah satunya seperti keunikan di Goa Pindul. Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati keindahan alam yang cantik dan eksotis ciptaan Tuhan. Terlebih lagi dengan banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan.

Goa Pindul menawarkan wisata dengan keindahan alam dan segala fasilitas untuk beraktivitas yang menyenangkan. Keunikan di Goa Pindul segalanya menjadi nilai tambah pesona yang tidak terhingga. Pesonanya juga sudah dikenal banyak wisatawan. Wisata Goa Pindul bisa menjadi salah satu wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk liburan dan menghabiskan akhir pekan.

Keunikan di Goa Pindul
Youtube.com

Keunikan di Goa Pindul yang Bisa Anda Dapatkan Saat Berkunjung

Goa Pindul merupakan objek wisata dengan kegiatan susur gua bawah tanah di sepanjang aliran sungai dan menjadi salah satu tempat wisata yang diminati khusus juga area Jogja. Keunikan di Goa Pindul menjadi salah satu alasan wisatawan datang. Kegiatan wisata ini adalah dengan menyusuri sungai di dalam goa dengan ban dalam besar atau tube dan jaket pelampung. Kegiatan ini disebut dengan Cave Tubing Pindul.

Tentang Goa Pindul

Goa Pindul ini berlokasi di Dusun Gelaran II RT 003 RW 016 Gunungbang Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Yogyakarta bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Sedangkan dari pusat kota Wonosari, goa ini sejauh 7 km.

Untuk tiket masuk kawasan Anda akan dikenakan sebesar Rp 10.000 per orang dan masuk objek wisata Rp 40.000 per orang. Jadi untuk menikmati segala fasilitas dan objek wisatanya hanya diperlukan Rp 50.000 per orang. Lalu apa saja keunikan di Goa Pindul yang bisa Anda temukan saat berkunjung di tempat ini? Berikut ini keunikan yang ada di Goa Pindul sebagai alasan agar Anda harus datang.

Sungai Goa PindulĀ 

Tentu saja Goa Pindul terkenal dengan sungainya karena wisata utama. Keindahan dan kegiatan di sungai ini juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Panjang goa ini berkisar 350 meter dengan lebar 5 meter. Kedalaman air di goa sekitar 5-12 meter serta jarak dari atap goa dengan permukaan air sejauh 4 meter.

Untuk menikmati dan menyusuri sungai ini Anda tidak bisa asal menceburkan diri. Karena untuk itu Anda harus sudah lengkap memakai peralatan yang wajib dipakai. Selain itu Anda juga harus mendengarkan arahan dan panduan petugas. Kegiatan menyusuri sungai di dalam goa ini bisa disebut dengan cave tubing.

Keunikan Batu Stalakmit dan Stalaktit

Keunikan di Goa Pindul selanjutnya adalah adanya batu stalaktit dan stalakmit. Kedua batu ini memang selalu ada ditempat wisata alam terkhusus di goa. Batu ini berasal dari proses alami. Umumnya kedua batu ini terpisah, akan tetapi tidak dengan di Goa Pindul. Karena kedua batu di Goa Pindul ini menyatu dan tergabung membentuk seperti pilar besar.

Bahkan ukuranya bisa sebesar 5 kali rentangan tangan orang dewasa. Bahkan batu ini menjadi yang terbesar ke 4 di dunia. Letak batunya berada di tengah-tengah goa dan disebut dengan tiang goa. Celah kedua batunya hanya bisa dilewati oleh 1 orang saja. Tidak hanya itu saja, keindahannya lebih lengkap dengan ornamen di sepanjang dinding goa.

Batu Tirai

Batu ini menjadi salah satu contoh batu dengan bentuk yang unik dan menyerupai tirai. Berbentuk seperti selendang atau gorden dan terbentuk dari tetesan air yang mengalir di dinding goa. Bahkan jika batu ini terkena pantulan cahaya akan muncul warna-warna indah. Fenomena ini terjadi karena di dalam batu tersebut terdapat mineral seperti mineral besi. Jika menyoroti batu dengan senter, di balik batu seperti terlihat cahaya kristal.

Kegiatan Cave Tubing

Kegiatan yang satu ini wajib untuk Anda coba saat datang ke wisata Goa Pindul. Ada 3 zona wisata yang akan Anda lakukan, yakni zona terang, zona remang, dan zona gelap gulita. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit. Kegiatan ini hampir mirip dengan rafting atau arung jeram. Sama-sama menyusuri sungai, bedanya rafting menggunakan perahu dan cave tubing menggunakan ban dalam.

Cahaya Surga atau Sumur TerbalikĀ 

Keunikan di Goa Pindul ini bisa Anda temukan saat menyusuri goa, di tengah-tengahnya ada ruangan yang cukup besar dan memiliki lubang di atasnya. Warga sekitar menyebutnya dengan sumur terbalik. Sumur terbalik atau juga bisa disebut dengan cahaya surga yang tersembunyi di Yogyakarta. Penyebutan tempat ini bukan tanpa sebab, penyebabnya karena keindahan dari sinar matahari yang terpancar melalui lubang.

Jika Anda ingin melihat fenomena cahaya masuk dari lubang atas goa ini, bisa datang ke Goa Pindul dengan berkunjung jam 10.00 sampai dengan 12.00 WIB saat cuaca yang cerah.

Wisata Sekitar Goa PindulĀ 

Selain itu ada juga wisata sekitar Goa Pindul yang bisa Anda kunjungi selesai puas menikmati keindahan di Goa Pindul. Berikut ini wisata sekitarnya:

  • Goa Gelatik
  • Goa Tanding
  • Wisata Sungai Oyo
  • Air Terjun Pengantin
  • Sendang Beji

Untuk mengunjungi Goa Pindul dan menikmati segala aktivitasnya bisa mulai dari pagi hingga sore, mulai dari pukul 07.00 hingga 16.30 WIB. Selain itu, di dalam paket wisata yang Anda beli sudah termasuk dengan fasilitas peminjaman ban tubing dan jaket pelampung. Nah untuk bertanya terkait harga tiket dan fasilitas pendukung lainnya anda klik di sini info tentang harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja.

Demikianlah beberapa keunikan di Goa Pindul yang akan Anda temukan ketika berkunjung. Tempat wisata ini wajib masuk list tempat wisata yang harus Anda kunjungi untuk menikmati keunikan dan keindahannya. Saat berkunjung jangan lupa untuk mengabadikan keindahan yang ada di Goa Pindul. Selamat mencoba.