Larangan di Goa Pindul, Waspadai Demi Keamanan dan Kenyamanan!

Posted on

Goa Pindul Jogja, Larangan di Goa Pindul harus diwaspadai oleh setiap wisatawan yang berkunjung. Goa Pindul itu sendiri merupakan salah satu tempat wisata populer yang ada di Gunungkidul. Selain menikmati beragam daya tarik yang dimiliki Goa Pindul, pastikan pula tak mengabaikan larangannya.

Larangan di Goa Pindul
instagram.com @goapindul.id

Waspadai Larangan di Goa Pindul

Ada banyak larangan yang perlu dipatuhi oleh semua wisatawan saat menyambangi Goa Pindul. Larangan ini perlu ditaati dengan tujuan demi keamanan dan keselamatan wisatawan tersebut. Langsung saja, berikut beberapa larangannya.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Peringatan ini pasti sudah sering Anda temui, khususnya di area publik. Tak heran karena kebiasaan buang sampah sembarangan memang merugikan banyak pihak. Selain memicu banjir dan menyebabkan pencemaran lingkungan, membuang sampah sembarangan juga mengundang berbagai bibit penyakit.

Maka dari itu, Anda jangan buang sampah sembarangan saat berada di Goa Pindul. Terlebih lagi, pihak pengelola wisata sudah menyediakan tempat sampah yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa membuang sampah di tempat yang semestinya.

Larangan Bagi Wanita yang Haid

Bagi Anda para wanita yang tengah datang bulan atau haid, dilarang untuk mengikuti penelusuran wisata Goa Pindul. Hal ini karena Goa Pindul merupakan tempat sakral. Pada zaman dahulu, tempat wisata ini disucikan karena kerap digunakan nenek moyang masyarakat sekitar untuk bertapa.

Meskipun sudah tidak menstruasi namun belum bersuci, lebih baik tetap tak ikut penelusuran. Hal ini dilakukan demi menjaga kesakralan tempat wisata Goa Pindul. Sebagai wisatawan yang baik, sudah seharusnya mematuhi aturan tersebut.

Hindari Berkata Jorok

Sebagaimana yang sudah kita ulas tadi bahwa Goa Pindul merupakan tempat wisata yang sakral. Oleh karena itu, Anda jangan sampai mengeluarkan kata-kata jorok (kotor) atau berteriak-teriak saat mengunjungi Goa Pindul. Bukan hanya dari perkataan saja, melainkan juga tingkah laku.

Hindari melakukan berbagai hal yang dianggap tidak sopan dan gaduh. Selain menjaga kesakralan tempat wisata Goa Pindul, larangan ini diterapkan juga dengan tujuan untuk mempertahankan ketertiban kawasan wisatanya. Dimanapun kita berada, memang sudah seharusnya menjaga lisan dan tingkah laku.

Jangan Merokok dan Minum Miras

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, pastikan untuk menghentikannya ketika mengagendakan liburan ke Goa Pindul. Hal ini karena pihak pengelola Goa Pindul melarang keras kebiasaan merokok di dalam goa. Begitu pula dengan larangan minum miras (minuman keras).

Tidak Boleh Merusak Batuan

Perlu untuk Anda ketahui bahwa Goa Pindul memiliki kekayaan alam yang mempesona. Khususnya stalagmit dan stalaktit yang ada di dalam goa. Akan tetapi, semenarik apapun pesona alamnya, pastikan Anda tidak mengambil sesuatu ataupun merusak batuannya.

Hindari tindak ceroboh dengan mengambil ataupun merusak ornamen yang ada di dalam kawasan wisata Goa Pindul. Perbuatan tersebut hanya akan merusak kekayaan alam. Padahal kekayaan alam yang ada di kawasan wisata Goa Pindul harus selalu dijaga dan dilestarikan.

Dengan Anda mematuhi larangan yang satu ini, maka sama saja telah berupaya menjaga keindahan Goa Pindul. Alhasil, Goa Pindul tetap mampu menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal saja, akan tetapi juga pengunjung dari luar kota hingga mancanegara.

Jangan Susur Goa Saat Hujan

Pihak pengelola wisata tidak mengizinkan wisatawan untuk melakukan susur goa ketika tengah hujan. Tak terkecuali pula ketika akan hujan dan sesudah turun hujan. Hal ini tak lain demi keamanan dan keselamatan wisatawan. Penting untuk Anda pahami bahwa kegiatan menyusuri goa ketika hujan berisiko tinggi untuk menaikkan debit air dalam aliran sungainya.

Selain itu, batuan yang ada di dalam goa cenderung lebih licin. Apabila tetap memaksakan hal tersebut, bahkan tanpa sepengetahuan pihak pengelola atau guide bisa berisiko tinggi mengancam nyawa. Anda tentu tak ingin liburan yang menyenangkan berubah jadi duka mendalam bukan? Untuk itu, patuhi larangan yang ada.

Tips Aman dan Nyaman Selama Liburan

Goa Pindul memang menjadi salah satu spot wisata ikonik di Gunungkidul yang menarik untuk dikunjungi, apalagi harga tiket masuknya terjangkau. Bagi Anda yang tertarik ingin menyambangi tempat wisata tersebut, pastikan untuk mematuhi semua larangan yang ada. Disamping itu, ketahui pula beragam tips agar aman dan nyaman selama liburan ke Goa Pindul.

Jaga Kesehatan

Salah satu tips tersebut ialah senantiasa menjaga kesehatan. Hal ini perlu Anda lakukan ketika ingin liburan maupun saat sedang berkegiatan di kawasan wisatanya. Tubuh yang fit dan prima akan membuat liburan terasa menyenangkan. Apabila tubuh Anda merasa kurang nyaman, pastikan tidak memaksakan diri untuk ikut berwisata. Hal tersebut hanya akan membahayakan diri sendiri.

Penggunaan Alas Kaki

Anda harus memperhatikan alas kaki yang digunakan. Pastikan alas kaki tersebut aman dan nyaman ketika Anda pakai dalam kegiatan. Jangan mengabaikan kenyamanan dan keamanan hanya karena mengutamakan tampilannya saja.

Gunakan Sunblock

Bagi Anda yang peduli dengan kecantikan maupun penampilan, jangan sampai lupa untuk menggunakan sunblock. Tips yang satu ini akan melindungi Anda dari paparan sinar matahari berlebih. Dengan begitu, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru tanpa khawatir akan merusak kulit.

Tak bisa kita pungkiri bahwa ada banyak larangan di Goa Pindul yang harus diketahui sekaligus dipatuhi. Anda tak perlu berpikir dua kali untuk menaati aturan yang ada. Pasalnya, larangan dibuat pastinya demi keamanan dan keselamatan bersama. Selain memperhatikan larangan, cermati pula tips di atas agar aman dan nyaman selama liburan di Goa Pindul. Nah untuk lebih cepat anda untuk mendapatkan informasi dapat mengeklik di sini Tiket Masuk Goa Pindul Jogja.