Paket Wisata di Goa Pindul, Membuat Pengalaman Liburan Semakin Seru!

Posted on

Paket wisata di Goa Pindul memang terkenal sangat lengkap. Mengingat libur akhir tahun segera tiba, sepertinya destinasi satu ini patut Anda pertimbangkan.

Apalagi, jika ingin mengajak banyak anggota keluarga. Tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam. Karena mengisi momen liburan di Goa Pindul dijamin menyenangkan dan cukup terjangkau.

Ini Dia Paket Wisata di Goa Pindul yang Wajib Anda Coba!

Goa Pindul sendiri terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Menjadi salah satu destinasi wisata Jogja paling unik, Goa Pindul menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Selama ini Kabupaten Gunungkidul memang terkenal dengan kondisinya yang kering dan tandus. Namun jika Anda datang ke Goa Pindul, maka rumor tersebut bisa langsung terbantahkan. Bagaimana tidak, sekitar kawasan Goa Pindul sangat asri. Bahkan kondisi perairannya cukup memadai.

Nah, hal inilah yang kemudian menggerakkan para pengelola objek wisata di Desa Bejiharjo. Untuk mengembangkan paket wisata di Goa Pindul. Paket yang pihak pengelola tawarkan cukup lengkap, meliputi wisata alam, sejarah, budaya bahkan edukasi.

Agar semakin jelas, silakan simak uraian tentang paket wisata di Goa Pindul berikut ini.

1. Paket Susur Goa Pindul

Pindul merupakan salah satu goa eksotik, yang ada di kawasan wisata ini. Namanya yang begitu populer, tidak hanya di dalam negeri saja namun sampai ke mancanegara. Terdapat aliran sungai bawah tanah yang menakjubkan, membuat wisatawan mendapat pengalaman seru selama susur goa berlangsung.

Sebelum kegiatan susur goa dimulai, para wisatawan wajib memakai pelampung dan ban untuk keamanan. Umumnya, aktivitas susur goa berlangsung hingga 45 menit. Dengan jarak susur mencapai 300 meter.

Selama susur goa berlangsung, wisatawan akan mendapat pendampingan dari para pemandu. Pemandu yang menemani sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Mereka juga memiliki bekal pelatihan khusus, terkait standar keamanan dan problem solving ketika berada di lapangan.

Di dalam gua, para wisatawan bisa melihat banyak ornamen unik yang terbentuk secara alami. Sebut saja batu kristal, moonmilk, stalaktit dan stalagmit. Menariknya, Goa Pindul memiliki jenis stalaktit terbesar nomor 4 di dunia.

Paket wisata di Goa Pindul ini, cocok untuk liburan keluarga bersama anak-anak. Apalagi, aliran sungai di dalam goa relatif tenang dan tidak terlalu jeram. Harga tiket masuk goa untuk orang dewasa sekitar Rp 40.000, sedangkan anak-anak Rp 20.000.

Tarikan retribusinya sendiri sebesar Rp 10.000 per orang. Tarif ini termasuk akomodasi lengkap seperti sewa pelampung, ban dan upah tim pemandu.

2. Paket Rafting Sungai Oyo

Paket lainnya yang tidak kalah seru di objek wisata Goa Pindul adalah rafting sungai oyo. Biasanya, wisatawan yang sudah masuk Goa Pindul, akan melanjutkan ke destinasi satu ini. Jarak tempuh sungai kira-kira 1 km dari goa.

Aliran sungai Oyo berada di antara batuan karst tinggi. Dengan kedalaman air kurang lebih 0.5 hingga 12 meter. Agar semakin cepat sampai di lokasi rafting, wisatawan bisa menggunakan transportasi pajero khusus yang tim sediakan.

Rafting sungai oyo mampu memberi pengalaman adventure yang sangat seru. Dengan konsep yang lebih dekat dengan alam. Bagi wisatawan yang suka tantangan, wajib mencobanya saat musim hujan tiba. Karena saat musim hujan, debit air sungai jauh lebih banyak. Sehingga aktivitas rafting semakin menantang.

Panjang sungai yang akan disusuri mencapai 1.500 meter saat musim kemarau. Namun ketika musim hujan tiba, panjangnya bisa mencapai 3 hingga 6 km. Waktu rafting sendiri kurang lebih 1 sampai 2 jam. Tarifnya sekitar Rp 60.000 setiap orang.

3. Susur Goa Tanding dan Goa Kristal

Perlu Anda ketahui, objek wisata Pindul memiliki banyak sekali jenis goa. Beberapa diantaranya yakni Goa Tanding dan Kristal. Berbeda dengan susur Pindul, wisatawan yang masuk ke Goa Tanding menggunakan boat atau kapal. Waktu susurnya bisa sampai 1.5 jam, dengan tarif sekitar Rp 150.000 setiap orang.

Kristal sendiri merupakan goa kering, artinya tidak terdapat aliran sungai di dalamnya. Panjangnya mencapai 350 meter. Jika Anda tertarik untuk masuk, cukup membayar Rp 40.000 per orang.

4. Paket Jip Offroad

Paket wisata di Goa Pindul berikutnya adalah Jip Offroad. Kawasan yang akan terlewati meliputi di kompleks Goa Pindul, jalanan desa, hutan pohon minyak kayu putih, sampai Sungai Oyo. Satu mobil jip mampu menampung 4 orang. Dengan tariff satu paket sekitar Rp 500.000 per mobil.

5. Paket Wisata Budaya dan Edukasi

Seperti sudah tertera sebelumnya, selain memiliki wisata alam luar biasa. Destinasi wisata Goa Pindul juga menawarkan potensi budaya hingga edukasi. Salah satu yang paling unik adalah keberadaan artefak wayang beber. Menariknya, artefak ini hanya ada 2 di Indonesia, yakni di Pacitan Jawa Timur dan Gunungkidul.

Kesenian seperti Jatilan, Campursari, dan Reog juga bisa Anda saksikan di kawasan Goa Pindul. Untuk tarif menampilkan secara khusus, umumnya bisa berdiskusi langsung dengan pihak penyedia jasa.

Untuk wisata edukasinya meliputi belajar membuat topeng motif batik, berkreasi menciptakan wayang sodo, hingga memproduksi blangkon. Tentunya semakin menyenangkan membawa anak-anak ke objek wisata Pindul.

Objek wisata Goa Pindul buka setiap hari, mulai dari jam 07.00 sampai 19.00 WIB. Akses menuju kawasan wisata ini sudah bagus, dengan kondisi jalan yang cukup lebar. Para wisatawan tidak perlu khawatir, karena jalannya bisa dilewati mobil kecil hingga bus besar.

Masih ada banyak sekali paket wisata di Goa Pindul, yang tentunya sayang untuk Anda lewatkan. Jika penasaran bagaimana keseruan berlibur di objek wisata satu ini. Segera datang ke Desa Bejiharjo dan nikmati pesona keindahannya. Semoga bermanfaat!