Tips Cave Tubing Goa Pindul, Liburan Bisa Semakin Asyik!

Posted on

Tips cave tubing Goa Pindul agar liburan bisa semakin asyik dan menyenangkan perlu untuk para pengunjung ketahui. Pada saat ini terdapat berbagai tempat wisata yang menarik untuk para wisatawan kunjungi. Para pengunjung tempat wisata tersebut bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Liburan bisa terasa semakin asyik karena melakukan beberapa aktivitas yang menantang seperti cave tubing. Pada daerah Gunungkidul terdapat suatu objek wisata yaitu wisata Goa Pindul. Pada tempat wisata ini bisa melakukan aktivitas seru dan menantang yaitu cave tubing.

Tips Cave Tubing Goa Pindul, Liburan Bisa Semakin Asyik!
pixabay.com

Berbagai Tips Cave Tubing Goa Pindul yang Bisa Membuat Liburan Semakin Asyik!

Goa Pindul merupakan suatu objek wisata menarik yang berada pada Desa Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Pada goa ini para wisatawan akan melihat keindahan stalakmit dan stalaktit yang bisa memanjakan mata. Tidak hanya itu, dalam goa ini juga terdapat aliran sungai bawah tanah yang memiliki air jernih. Lebih asiknya lagi para pengunjung bisa melakukan sebuah kegiatan yang seru yaitu cave tubing.

Cave tubing merupakan aktivitas menarik pada Goa Pindul yaitu menyusuri sungai dalam Goa dengan menggunakan karet ban dan juga pelampung. Para wisatawan akan susur sungai dalam gua tersebut kurang lebih 350 meter yang membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Goa memiliki lebar kurang lebih 5 meter dengan permukaan air dan atap 4 meter. Sedangkan sungainya memiliki kedalaman sekitar 5 sampai 12 meter.

Namun, tidak perlu khawatir saat melakukan cave tubing karena akan ditemani oleh guide yang sudah terlatih, terampil, dan berpengalaman. Aliran sungai pada Goa Pindul ini cenderung tenang sehingga tidak seperti saat melakukan arung jeram. Saat melakukan cave tubing para wisatawan akan melalui tiga zona yaitu zona terang, zona remang, serta zona gelap. Semua zona ini sudah pasti aman bagi para wisatawan mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Melakukan aktivitas seru ini para pengunjung hanya perlu membayar harga tiket dengan terjangkau. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak kamu sudah bisa menikmati aktivitas cave tubing Goa Pindul. Supaya liburan bisa lebih asyik dan menyenangkan sebaiknya terapkan beberapa tips cave tubing Goa Pindul seperti berikut ini:

1. Pilih Waktu Berkunjung yang Tepat

Untuk bisa melakukan cave tubing Goa Pindul yang asyik sebaiknya pilih waktu berkunjung yang tepat. Waktu berkunjung yang tepat tersebut pada saat musim kemarau dan cuaca sedang cerah. Waktu terbaik tersebut yaitu antara bulan April sampai Juli karena pada bulan ini debit air sungai akan pas. Sebaiknya hindari untuk melakukan aktivitas cave tubing saat sedang musim hujan.

Pada saat musim hujan dengan intensitas tinggi aliran sungai pada Goa Pindul akan naik dan bisa terjadi banjir. Apabila sudah terjadi banjir operator wisata akan menutup sementara supaya menghindari risiko. Tidak hanya itu, pada musim hujan aliran sungai dalam goa juga akan berwarna keruh dan tidak enak saat mata memandang.

2. Pilih Operator Terpercaya

Tips cave tubing Goa Pindul selanjutnya yaitu pilihlah operator yang terpercaya. Pada area wisata terdapat banyak operator yang menawarkan jasa cave tubing. Berbagai operator tersebut pasti memiliki harga dan fasilitas yang berbeda. Tidak hanya itu, pelayanan terhadap para wisatawan juga akan berbeda.

Bahkan terdapat beberapa operator yang memberikan harga murah namun, fasilitas yang diberikan tidak sesuai dengan standar keamanan. Oleh karena itu, sebelum melakukan aktivitas seru cave tubing operator terpercaya dan sudah memiliki sertifikat.

3. Jangan Datang Saat High Season

Tips cave tubing Goa Pindul selanjutnya yaitu jangan datang untuk melakukan aktivitas seru ini. Sebaiknya hindari high season seperti saat libur panjang, libur hari raya, atau libur akhir tahun. Hal ini karena saat masa high season tersebut pengunjung yang datang pada Goa Pindul akan banyak.

Bagi sebagian bisa merasa kurang nyaman apabila melakukan cave tubing saat wisatawan sedang membludak. Tidak hanya itu, para pengunjung yang datang juga harus berdesakan saat mengantri untuk melakukan cave tubing. Bagi kamu yang tidak mau mengalami semua itu maka hindari datang ke Goa Pindul untuk melakukan cave tubing.

4. Siapkan Dukungan Alat untuk Kebutuhan

Tips cave tubing Goa Pindul selanjutnya yaitu Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai alat untuk mendukung kebutuhan. Alat tersebut yaitu alat dukungan untuk dokumentasi seperti action cam. Action cam lebih aman digunakan untuk mengambil dokumentasi berupa foto atau video saat tercelup dalam air.

Namun, tetap harus hati-hati saat memegang alat ini karena untuk menghindari kehilangan dan terjatuh dalam air. Selain itu, jangan lupa untuk membawa baju renang yang nyaman untuk melakukan aktivitas cave tubing.

5. Ajak Keluarga atau Teman

Supaya aktivitas cave tubing asyik dan menyenangkan kamu bisa datang ramai-ramai bersama teman, sahabat atau keluarga. Seperti yang telah diketahui bahwa kegiatan cave tubing bisa lebih seru apabila dilakukan secara bersama-sama. Apabila melakukan aktivitas seru ini bersama orang terdekat maka kesan menyenangkan bisa lebih terasa. Sehingga liburan kamu bisa lebih bermakna dan menyenangkan apabila melakukannya bersama orang terdekat.

Nah, itu dia ulasan tentang beberapa tips cave tubing Goa Pindul supaya liburan bisa lebih menyenangkan dan asyik. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti beberapa tips tersebut supaya liburan bisa lebih terasa asyik dan berkesan. Mengingat liburan sangat perlu untuk melengkapi kebutuhan hidup, sehingga aktivitas menyenangkan saat liburan memang harus diwujudkan. Liburan yang menyenangkan dan asyik pasti menjadi keinginan semua orang.