Tips Jelajah Goa Pindul Supaya Liburan Semakin Aman dan Seru!

Posted on

Tips jelajah Goa Pindul Gunungkidul sudah seharusnya kamu ketahui apabila ingin menikmati keseruan wisatanya. Gunungkidul memang sudah terkenal memiliki berbagai objek wisata yang menarik. Berbagai objek wisata yang tersebar di Gunungkidul selalu memiliki banyak peminat mulai dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pada Gunungkidul terdapat berbagai objek wisata seperti goa, pantai, air terjun, wisata edukasi, dan wisata sejarah. Berbagai wisata tersebut memiliki pesona masing-masing sehingga bisa menarik minat para pengunjung. Salah satu wisata Gunungkidul yang sudah populer sejak dahulu yaitu wisata Goa Pindul.

Tips Jelajah Goa Pindul Supaya Liburan Semakin Aman dan Seru!
pixabay.com

Inilah Tips Jelajah Goa Pindul Supaya Liburan Semakin Aman dan Menyenangkan!

Goa Pindul merupakan salah satu wisata yang populer yang ada pada wilayah Gunungkidul. Objek wisata ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul. Pada tempat wisata ini para pengunjung bisa melihat pesona keindahan stalaktit dan stalakmit sebuah goa.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga bisa melakukan penyusuran sungai bawah tanah dalam gua. Penjelajahan sungai bawah tanah ini menggunakan peralatan khusus yaitu dengan jaket pelampung dan ban dalam besar. Kegiatan jelajah sungai ini akan menyusuri panjang kurang lebih 350 meter yang memakan waktu normal 40 sampai 60 menit.

Waktu tersebut bergantung pada keinginan pengunjung, kondisi, dan situasi. Tidak perlu khawatir karena harga tiket untuk bisa jelajah sungai ini sangatlah terjangkau. Supaya kegiatan jelajah sungai dalam goa tersebut semakin aman dan menyenangkan sebaiknya ikuti beberapa tips jelajah Goa Pindul seperti berikut ini:

1. Jangan Susur Goa Ketika Hujan

Tips jelajah Goa Pindul yang pertama supaya aman dan seru yaitu jangan menyusuri Goa ketika hujan. Sebaiknya jangan melakukan kegiatan jelajah sungai saat hujan terjadi. Apabila kamu melakukan kegiatan itu saat hujan bisa membahayakan keselamatan diri. Sebelum memutuskan untuk berangkat ke Goa Pindul sebaiknya cek perkiraan cuaca saat itu juga.

Apabila terjadi hujan kondisi air dalam goa tidak bisa untuk susur sungai karena akan terjadi banjir. Oleh karena itu, sebaiknya jangan melakukan jelajah sungai saat sedang hujan. Kamu bisa mencari hari lain saat cuaca sedang cerah.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Tips jelajah Goa Pindul selanjutnya yaitu gunakan pakaian yang nyaman untuk terkena air. Dalam jelajah sungai pasti akan basah-basahan karena kegiatan ini berhubungan dengan air. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman seperti menggunakan celana dan kaos ringan berbahan likra, polyester, atau nilon yang cocok untuk kegiatan berenang.

Selain itu, sebaiknya juga gunakan sandal gunung sandal jepit atau sepatu yang tidak akan menimbulkan masalah apabila terkena air. Dalam kegiatan jelajah sungai sebaiknya jangan menggunakan perhiasan yang berharga supaya terhindar dari risiko kehilangan barang tersebut. Dengan begitu, liburan kamu bisa lebih aman dan seru.

3. Membawa Pakaian untuk Ganti

Melakukan kegiatan jelajah sungai tentu pakaian kamu akan basah. Oleh karena itu, kamu sebaiknya membawa pakaian ganti dari rumah ketika akan mengunjungi Goa Pindul. Dengan membawa pakaian ganti dari rumah bisa memudahkan kamu setelah melakukan kegiatan susur sungai.

Tidak perlu khawatir karena pada Goa Pindul terdapat banyak kamar mandi bersih sekitar basecamp. Dengan begitu, kamu bisa membersihkan diri setelah kegiatan jelajah sungai dengan nyaman.

4. Membuat Janji dengan Operator Wisata Goa Pindul yang Resmi

Tips jelajah Goa Pindul selanjutnya yaitu membuat janji dengan operator wisata yang resmi. Pada saat ini sudah banyak calon yang tersebar pada kawasan wisata Goa Pindul. Terkadang kita sulit membedakan antara calo dan operator yang resmi.

Untuk menghindari adanya calo tersebut sebaiknya cari rekomendasi dari kenalan atau teman yang sudah pernah melakukan wisata pada tempat ini. Apabila sudah mendapatkan operator wisata yang resmi segera lakukan janjian untuk berkunjung. Dengan begitu, liburan kamu bisa menjadi lebih aman karena bisa terhindar dari kemungkinan penipuan.

5. Simpan Smartphone dalam Kantung Khusus

Pihak wisata Goa Pindul memperbolehkan para wisatawan yang ingin membawa ponsel saat kegiatan jelajah sungai. Tetapi, harus tetap berhati-hati dalam menyimpannya supaya tidak terkena air. Terdapat satu solusi yang bisa membuat smartphone kamu menjadi lebih aman yaitu dengan menggunakan kantong plastik khusus.

Dengan menggunakan kantong plastik yang memiliki desain khusus ini bisa menghindari smartphone kamu tercebur ke sungai. Jika tidak membawa dari rumah tidak perlu khawatir karena pada kawasan wisata Goa Pindul banyak yang menjual kantong khusus tersebut. Tidak hanya itu, harga yang harus kamu keluarkan untuk memilikinya juga tidak perlu banyak karena sangat terjangkau.

6. Menggunakan Tabir Surya

Tips jelajah Goa Pindul selanjutnya yaitu kamu bisa menggunakan tabir surya sebagai perlindungan dari sinar matahari. Objek wisata Gua Pindul memiliki jam operasi mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 16.00 WIB. Walaupun saat berada dalam susur goa tidak terkena cahaya matahari karena sudah terlindungi atapnya.

Tetapi, saat berjalan dari tempat kedatangan atau basecamp pasti akan terpapar teriknya sinar matahari. Tidak hanya itu, saat selesai melakukan jelajah sungai kamu juga akan naik sebuah truk yang terbuka untuk menuju pada basecamp. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu membawa tabir surya untuk melindungi kulit dari panas matahari.

Nah, itu dia ulasan tentang beberapa tips jelajah Goa Pindul yang bisa membuat liburan menjadi lebih aman dan seru. Setiap orang pasti menginginkan suasana liburan yang menyenangkan oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila mengikuti beberapa tips tersebut. Dengan mengikuti beberapa tips dalam jelajah sungai tersebut sudah pasti liburan kamu bisa menjadi lebih seru dan aman.